3.000 Pendaki Diprediksi Rayakan Tahun Baru Islam di Gunung Lawu

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 16:49 WIB
Pendaki di Cemoro Sewu Magetan/Foto: Sugeng Harianto
Magetan -
Jalur pendakian Gunung Lawu di Magetan tampak ramai jelang Malam Tahun Baru Hijriah. Jumlah pendaki meningkat sepuluh kali lipat dibanding hari biasa.

BPBD bersama polisi dan TNI melakukan pemantauan dan pengamanan di jalur pendakian Gunung Lawu via Magetan. "Untuk Malam Suro biasanya banyak pendaki ke Puncak Lawu. Kita sudah lakukan koordinasi dengan BPBD juga TNI serta Perhutani untuk pemantauan. Biasanya naik 10 kali lipat dibandingkan hari biasa," kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Riffai saat dihubungi detikcom, Sabtu (31/8/2019).

Menurut Riffai, 450 personel gabungan polisi, TNI serta Satpol PP dan BPBD telah disiagakan untuk mengamankan malam pergantian tahun di Magetan. Mereka akan membantu pengamanan acara perguruan silat hingga pendakian di Lawu. Pada Malam Suro 2018, jumlah pendaki di Lawu lebih dari tiga ribu.


"Untuk Malam Suro ini prediksi bisa 2.500 hingga 3.000 pendaki seperti pengalaman tahun sebelumnya," terangnya.

Posko kesehatan dan istirahat telah dibuat BPBD di area pintu masuk via Cemoro Sewu. Posko dibuat untuk mengantisipasi kejadian darurat yang dialami pendaki di Lawu.

"Kita sudah dirikan posko mulai pagi tadi di area pintu masuk via Cemoro Sewu. Memang prediksi biasanya lebih banyak daripada HUT RI," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Fery Yoga Sahputra di Cemoro Sewu.


Untuk para pendaki, kata Fery, telah diimbau untuk tidak membuat api unggun yang rawan mengakibatkan kebakaran hutan. Mengingat musim kemarau masih berlangsung.

Gunung Lawu berada di tiga kabupaten yakni Magetan dan Ngawi di Jawa Timur serta Karanganyar di Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl itu memiliki lima jalur pendakian. Dua jalur di Karanganyar yakni Cemoro Kandang dan Candi Cetho.

Sedangkan dua pintu di Magetan yakni Cemoro Sewu dan jalur baru via Singolangu yang baru dibuka. Itu merupakan jalur klasik petilasan Raja Brawijaya. Satu jalur terakhir yakni via Jogorogo, Ngawi.



Tonton video Dear Pendaki, Cobain Yuk ke Puncak Lawu Via Jalur Singolangu!:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)