detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 20:51 WIB

Hutan Dekat Jalur Pantura Pasir Putih Situbondo Terbakar

Ghazali Dasuqi - detikNews
Hutan Dekat Jalur Pantura Pasir Putih Situbondo Terbakar Foto: Istimewa
Situbondo - Kebakaran hutan terjadi di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo Minggu (25/8/2019) malam. Api melalap bagian bawah pohon jati di hutan setempat. Kawasan hutan yang terbakar itu berjarak cukup dekat dengan jalan raya pantura setempat.

Beruntung, saat kejadian arah angin menjauh dari jalan raya. Sehingga kepulan asapnya tidak mengganggu pengguna jalan.

"Hutan yang terbakar berjarak sekitar 10-20 meter dari jalan raya. Tapi asap kebakaran tidak sampai mengganggu pengguna jalan, karena arah anginnya ke selatan. Sementara jalan raya kan di utara hutan," kata Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Minggu (25/8/2019) malam.


Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, kebakaran hutan di kawasan Desa Pasir Putih itu terjadi sejak sekitar pukul 18.00 Wib tadi. Api melalap bagian 'lantai' tanaman pohon jati di petak 38 KRPH Bungatan. Api dengan cepat membesar, karena di musim kemarau ini banyak dedaunan jati yang berjatuhan dan kering kerontang.

Api semakin cepat membesar, karena saat kejadian angin bertiup cukup kencang. Petugas gabungan dari unsur BPBD Situbondo, KRPH, Polsek dan Koramil Bungatan, pun bergegas turun tangan agar kebakaran tak terus membesar dan merembet ke lahan lainnya. Petugas gabungan itu berusaha memadamkan kobaran api dengan berbagai peralatan yang ada.

"Alhamdulillah, sekarang api sudah berhasil dipadamkan. Luas lahan yang terbakar sekitar setengah hektar. Untuk penyebabnya sendiri belum diketahui, masih diselidiki," tandas Puriyono.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com