detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 14:45 WIB

Warga Sering Dengar Ledakan di Rumah YT, Perampok Toko Emas di Magetan

Sugeng Harianto - detikNews
Warga Sering Dengar Ledakan di Rumah YT, Perampok Toko Emas di Magetan Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Warga Madiun mengaku sering mendengar suara ledakan sebelum YT (41), pelaku melakukan perampokan toko emas Magetan dan rumahnya digeledah densus 88.

Warga memperkirakan mendengar suara ledakan di rumah YT di Desa Sukolilo Kecamatan Jiwan, sebanyak 7 kali dalam 3 bulan. Meski sempat curiga, namun warga tidak berkutik lantaran sang pemilik rumah tertutup.

"Sempat menaruh curiga sering terdengar suara ledakan dari rumahnya. Rumah saya kan dekat hanya sekitar 50 meter di balik tanaman tebu ini," ujar Heri Sudarto (60), tetangga YT kepada detikcom di lokasi, Minggu (25/8/2019).


Suara ledakan itu, kata Heri, terdengar seperti petasan sebanyak sekitar sudah tujuh kali. Suara itu terdengar sudah sejak sekitar dua hingga tiga bulan lalu. "Sekitar tujuh kalau ndak salah saya dengar," imbuhnya.

Hari mengungkapkan, dirinya tidak menyangka tetangganya itu diamankan densus 88 terkait aksi perampokan toko emas di Magetan. Diakui Heri, YT dulunya pernah dipenjara selama 18 bulan dalam kasus percobaan pembunuhan terhadap bupati Madiun H. Muhtarom saat masih menjabat 23 Desember 2009 silam.

"Saya pernah mendengar di penjara karena menusuk bupati," jelasnya.


Diketahui Bupati Madiun, H. Muhtarom, menjadi korban penusukan pada 23 Desember 2009. Saat itu bupati sedang menghadiri acara bakti sosial terpadu di Kantor Desa Kincang, Kecamatan Jiwan, Madiun. Sebelum terjadi penusukan, bupati menggelar sarasehan dengan warga setempat membahas program desa untuk masa mendatang.

Usai menggelar sarasehan, bupati dan warga menikmati hiburan campursari dengan bintang tamu Kirun Cs. Namun sekitar pukul 00.30 WIB dinihari, tiba-tiba YT mendatangi bupati yang duduk di panggung balai desa dan langsung menusuk menggunakan sebilah obeng yang sudah disiapkan.





Tonton Video Video Densus Geledah Rumah Perampok Toko Emas:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com