detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 10:16 WIB

Gelaran Kediri Nite Carnival Makin Memukau Warga

Andhika Dwi - detikNews
Gelaran Kediri Nite Carnival Makin Memukau Warga Kediri Nite Carnival/Foto: Andhika Dwi
Kediri - 1.000 warga memeriahkan Kediri Nite Carnival. Dan sekitar 100 mobil hias ikut andil dalam gelaran memperingati HUT ke-1140 Kediri.

Warga Kota Kediri dimanjakan pemandangan penuh warna warni kostum dan keindahan mobil hias peserta. Peserta Kediri Nite Carnival lebih banyak. Modifikasi mobil hias dan kostum peserta lebih spektakuler dengan menghadirkan efek teknologi dan mekanis. Tentunya menghadirkan keindahan kearifan lokal budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Pemkot Kediri, Nur Muhyar mengatakan Kediri Nite Carnival telah digelar selama 4 tahun. Setiap tahunnya selalu memberikan tampilan dan hasil evaluasi dari pelaksanaan carnival sebelumnya. Tahun ini lebih meriah dan menampilkan aksi dan karya disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.

Mulai dari penampilan Jember Fashion Carnival, Solo Batik Carnival, Pemkot Surabaya, Malang, Nganjuk dan Pemkab Kediri. Mulai start di Memorial Park hingga finish di Balai Kota Kediri.

"Di tahun ini, kreasi, partisipasi masyarakat dan peserta luar kota lebih terfokus dan spektakuler karena ada sejumlah tema dalam peserta, seperti prajurit, panji galuh atau kreasi," ucap Nur Muhyar, Sabtu (25/8/2019) malam.

Salah satu peserta karnaval menampilkan mobil hias dan kru yang berjumlah 50 puluh personel.


"Karnaval ini adalah ajang yang tepat untuk mempromosikan sebuah kota, lengkap dengan budayanya. Kami ikut ambil bagian di dalamnya," ujar Iwhan.

Tahun ini mereka menampilkan delegasi yang tak kalah spektakuler. Ada kendaraan hias dan propertinya, termasuk juga dari busana dan para talent yang dikerahkan.

Mengusung tema "Wonderland of Java-The Beautiful Qeen of Sekartaji" parade spektakuler ini juga memperingati HUT RI.

Kecantikan Dewi Sekartaji ditampilkan secara sempurna oleh talent dengan nuansa kostum merah dan emas, sebagai terlihat gambaran kemewahan Kerajaan Kediri di masa lalu. Mengendarai replika kuda terbang yang menarik kereta kencana bertabur bunga, puteri yang cantik jelita ini juga akan diiringi para ratu, raja, pangeran, hingga bidadari dalam alunan gending Jawa klasik.

Kisah Dewi Sekartaji dipilih untuk membangkitkan kembali ingatan masyarakat Kota Kediri kepada para leluhur yang telah membangun bangsa.

Tema ini mengandung makna kebesaran nama Kerajaan Kediri dengan taman sari kerajaan yang indah. Jejak ini juga masih bisa kita lihat di Taman Sekartaji yang menjadi tempat kegiatan masyarakat sampai sekarang.

Penghormatan kepada nilai kultur ini sejalan dengan nilai dan untuk selalu menjaga norma budaya Indonesia, khususnya Jawa.

Dalam gelaran Kediri Nite Carnival juga dibagikan ratusan merchandise kepada penonton. Pembagian merchandise ini turut menjadi daya tarik pengunjung dari aksi peserta.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com