detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 19:58 WIB

Rumah dan Kios Perampok Toko Emas di Magetan Digeledah Densus 88

Sugeng Harianto - detikNews
Rumah dan Kios Perampok Toko Emas di Magetan Digeledah Densus 88 Rumah dan kios pelaku yang gagal merampok digeledah densus 88/Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Densus 88 melakukan penggeledahan salah satu kios Pasar Sumur Tiban, Madiun. Pasar yang ada di Desa Kincang Wetan Kecamatan Jiwan Madiun, itu diduga milik pelaku perampokan toko emas di Magetan siang tadi.

Polisi juga membawa dua anjing pelacak untuk mengendus barang berbahaya. Dalam penggeledahan tersebut, densus 88 beserta tim gegana melokalisir satu kios dengan police line sepanjang 100 meter. Ini dilakukan untuk mempermudah penggeledahan, karena banyak masyarakat yang akan mendekat.

"Kita police line hanya pengamanan saja radius 100 meter," jelas Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu kepada detikcom di lokasi Sabtu (24/8/2019) sore.

Meski tak bisa berkomentar banyak, namun Kapolresta Madiun mengaku kapasitasnya hanya membantu pengamanan di lokasi. "Awas minggir pak minggir," ucap Kapolresta yang melarang warga mendekat garis police line.

Penggeledahan di kios yang diketahui milik pelaku berinisial YT (41) itu dimulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB. Kios itu oleh pelaku digunakan untuk berjualan perlengkapan plastik.


"Jual plastik untuk bungkus gula pasir dan sejenisnya itu. Biasanya bersama istri jualan dan ngontrak kios," ujar Kades Kincang Wetan Pardi kepada detikcom di lokasi.

Pantauan detikcom, puluhan polisi bersenjata laras panjang dengan wajah tertutup kain hitam tampak berjaga-jaga ketat lokasi yang berada di Jalan Raya Solo Jiwan Madiun. Arus lalu lintas dari arah Madiun dan Magetan tampak tersendat karena banyaknya warga yang menyaksikan proses penggeledahan kios pasar.

Suara keras pintu kios terbuat dari seng dibuka paksa oleh tim densus 88. Dari hasil penggeledahan, densus dan tim gegana membawa barang bukti yang dibungkus spanduk warna putih.

Sebelumnya aksi percobaan perampokan itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Pelaku perampokan nyaris dimassa warga setelah gagal beraksi di toko emas. Pelaku menakut-nakuti karyawan Toko Mas Dewi Sri yang ada di Jalan Raya Tebon, Kecamatan Barat, dengan menggunakan pistol.

Pelaku nekat masuk ke bagian kasir dan mengambil kalung dan gelang setelah menodongkan pistol. Pelaku juga sempat meletakkan sebuah alat menyerupai rakitan peledak.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com