detikNews
Sabtu 24 Agustus 2019, 00:59 WIB

2.100 Personel Gabungan Siap Amankan Laga Persebaya vs Persija

Deny Prastyo Utomo - detikNews
2.100 Personel Gabungan Siap Amankan Laga Persebaya vs Persija Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus Simarmata (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/File)
Surabaya - Personel gabungan siap perketat pengamanan laga Persebaya vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (24/8/2019). Sebanyak 2100 personel gabungan disiagakan.

"Sebanyak 2100 personel terdiri dari rekan-rekan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar, Dinas Kesehatan dan DKRTH. Semua unsur kami libatkan," kata Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus Simarmata kepada wartawan di Mapolrestabes Surabaya, Jumat(23/8/3019).

Leonardus mengatakan pihaknya akan menggelar apel pada pukul 10.00 WIB, sebelum kick off pertandingan pada pukul 15.30 WIB. Seluruh akses masuk stadion akan diperketat pengamanannya.

"Sistem keamanan kita mulai dengan acara cipta kondisi dari Kemarin. Kita juga melaksanakan razia, utamanya kita men-sweeping suporter-suporter yang diduga membawa benda-benda berbahaya, tadi malam sudah ada yang kita temukan dan kita kembalikan di Pakal," ujar Leonardus.


Leo mengatakan pihaknya akan melakukan pengamanan bertahap di area Stadion Gelora Bung Tomo. Pengamanan dimulai dari jalan di depan stadion serta pintu-pintu masuk stadion.

"Pengamanan pada hari H, kita akan melaksankan secara ketat, mulai dari simpang tiga luar, simpang tiga dalam, lalu dipintu-pintu masuk semuanya kita akan periksa dan kita tidak ijinkan botol minuman, dan botol minuman bisa digunakan untuk melempar dan akan kita ganti dengan kantong plastik," ungkap Leonardus.

Selain itu, pihak keamanan akan memeriksa barang-barang bawaan suporter yang bisa menimbulkan kerawanan. Pihak Keamanan akan melakukan sweeping terhadap penonton sebelum masuk stadion.

"Semuanya nanti yang membawa batu dan sajam, membawa tongkat kayu dan lain-lain. Kita akan sweeping, termasuk flare itu tidak kita inginkan," ujar Leonardus.


Selain itu, pihak keamanan juga mengimbau bagi kendaraan yang berpelat B, untuk sementara waktu agar menghindari kawasan Stadion Gelora Bung Tomo.

"Kami akan memberikan pengamanan penuh. Cuman untuk sementara kami mengimbau untuk menghindari dulu area sekitar Stadion Gelora Bung Tomo," tandas Leonardus.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com