detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 16:07 WIB

Penumpang KM Santika Nusantara Ternyata Melebihi Manifes

Hilda Meilisa - detikNews
Penumpang KM Santika Nusantara Ternyata Melebihi Manifes KM Santika Nusantara yang terbakar (Foto: Istimewa)
Sumenep - Jumlah penumpang KM Santika Nusantara ternyata melebihi manifes. Kapal yang terbakar tersebut memuat lebih dari 111 penumpang yang ada di manifes.

Sebelumnya, manifes kapal menuliskan ada 111 penumpang. Namun tim Basarnas hingga kini telah menyelamatkan 150 penumpang.

"Data yang sementara kita evakuasi itu KM Spill Citra 23 orang, untuk di KMP Dharma Fery 07 itu 64 orang. Kemudian di Bintang Mutiara, 11 orang. Untuk yang di Masalembu itu 52 orang," kata Kepala Basarnas Surabaya Prasetya Budiarto di Surabaya, Jumat (23/8/2019).

Prasetya menuturkan jumlah ini melebihi manifes. Bahkan, ada pemilik kapal yang menyebut jumlah penumpang mencapai 277 orang.


"Lebih (dari jumlah manifes) malah sekarang berkembang menjadi 150 yang sudah terevakuasi. Itu data yang kita evakuasi, tapi data dari pemilik kapal jumlahnya 277. Jadi berbeda manifesnya," imbuhnya.

Namun, Prasetya mengatakan jumlah ini masih simpang siur. Pihaknya masih berfokus untuk melakukan penyelamatan.

"Masih banyak (yang belum dievakuasi) makanya ini kita lagi gali informasi untuk data yang akurat. Kemudian info dari korban yang sudah terselamatkan," lanjutnya.


Sementara itu, Prasetya menyebut hingga kini belum ada laporan korban meninggal. Namun, memang ada beberapa korban yang kelelahan hingga mengalami trauma.

"Untuk saat ini belum ada laporan untuk yang meninggal. Kalau kondisi kelelahan, trauma, ada," pungkas Prasetya.



Tonton juga video Kapal Terbakar di Perairan Konawe, 7 Orang Tewas:

[Gambas:Video 20detik]


(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +