detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 13:48 WIB

Ratusan Warga Banyuwangi Bersih-bersih Pantai dan Laut

Ardian Fanani - detikNews
Ratusan Warga Banyuwangi Bersih-bersih Pantai dan Laut Bersih-bersih di pantai Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Ratusan orang melakukan aksi bersih-bersih sampah di kawasan pantai dan laut Ketapang. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai dan laut. Aksi sosial ini diprakarsai Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi.

Bersih-bersih sampah ini diikuti personel Lanal Banyuwangi, Polri, Pelajar, Pramuka, nelayan dan beberapa instansi lain. Kegiatan ini digelar di sekitar pantai dan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jumat (23/8/2019). Aksi ini dimulai pukul 07.00 WIB.

"Kita melaksanakan kerja bakti bersama membersihkan sampah di pantai dalam rangka HUT Lanal Banyuwangi ke-48," kata Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal kepada wartawan.

Yulius Azz Zaenal menambahkan, bersih-bersih sampah di pantai ini dilatarbelakangi banyaknya sampah yang ada di laut dan pantainya. Apalagi Banyuwangi memiliki pantai yang panjang. Padahal banyak aktivitas masyarakat yang dilaksanakan di laut.


"Akhir-akhir ini kita lihat sudah banyak sampah di laut, makanya kita mengajak masyarakat sama-sama bersih-bersih pantai," jelasnya.

Lanal Banyuwangi juga mengajak masyarakat Banyuwangi membersihkan pantai dan peduli dengan kebersihan pantai dan laut. Karena dengan pantai yang bersih seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang. Dalam jangka panjang, kalau pantai dan lautnya bersih, kata dia, generasi yang akan datang pasti akan lebih baik.

Aksi bersih sampah ini dilakukan dengan menyusuri pantai Ketapang sejauh kurang lebih 500 meter. Selain di pantai, aksi bersih sampah juga dilakukan di laut dengan menggunakan perahu nelayan. Dari kegiatan itu, berhasil dikumpulkan kurang lebih dua truk sampah yang didominasi sampah plastik.

"Didominasi sampah plastik seperti sedotan, kantong plastik, dan plastik bekas minuman," bebernya.


Berkaca dari banyaknya sampah yang didapatkan, Yulius Azz Zaenal kembali mengingatkan masyarakat untuk peduli kepada kebersihan pantai dan laut. Dia mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita dukung program pak Bupati untuk mengurangi penggunaan plastik. Memang tidak bisa serta Merta. Tapi kita kurangi sedikit demi sedikit," pungkasnya.

Willy Lutfi Nanda, salah seorang pelajar yang mengikuti aksi bersih sampah di pantai, mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan tersebut. Sebab dia bisa berpartisipasi membersihkan sampah khususnya yang ada di pantai dan laut.

"Mari kita sama-sama menjaga kebersihan agar Lingkungan kita lestari," ujar siswa Kelas X SMKN I Kalipuro ini.



Tonton video Menteri Susi Ajak Ratusan Warga Bersih-bersih Pantai Prigi:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com