detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 10:10 WIB

Komplotan Curanmor Asal Bondowoso Dibongkar, Polisi Amankan 9 Motor

Ghazali Dasuqi - detikNews
Komplotan Curanmor Asal Bondowoso Dibongkar, Polisi Amankan 9 Motor Polisi amankan pelaku curanmor dan barang bukti/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Polisi Situbondo berhasil membongkar komplotan pencurian sepeda motor (curanmor) asal Bondowoso. Seorang pelaku dan tiga penadah motor curian dari komplotan ini pun digulung. Dari tangan para pelaku, Unit Resmob pimpinan Aiptu I Wayan Parka mengamankan 9 unit sepeda motor diduga hasil curian.

Para pelaku seluruhnya warga Kecamatan Prajekan, Bondowoso. Pelaku curanmor yang diringkus adalah Imam Sugiono (30). Sementara tiga penadah yang diamankan antara lain Suyanto (48), M Ali Wafa (31) dan Slamet (50). Keempatnya langsung digiring ke Mapolres Situbondo untuk menjalani pemeriksaan.

"Pelakunya satu orang, yang tiga itu penadah. Kita sudah dapat 9 unit sepeda motor sebagai barang bukti. Semuanya sudah kita amankan di Mapolres. Para pelaku juga masih diperiksa untuk dikembangkan," kata Kasatreskrim Polres Situbondo, AKP Masykur kepada detikcom, Jumat (23/8/2019).

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, terbongkarnya komplotan ini berawal dari tertangkapnya Imam Sugiono, saat melancarkan aksinya di persawahan Dusun Tokengan, Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan, Kamis (22/8) sore kemarin. Saat itu, pelaku menggasak sepeda motor Honda Legenda P 6427 EM milik Zainuri (50), warga Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan.


Pencurian terjadi saat sepeda motor ditinggal mencari rumput oleh pemiliknya. Usai mengarit, korban bermaksud menaikkan rumput ke motornya. Saat itulah, diketahui sepeda motor miliknya sudah raib. Namun, dari kejauah Zainuri melihat sepeda motor miliknya dibawa kabur oleh pelaku.

Tahu begitu, korban pun bergegas memberi tahu dua rekannya, Haryoto (53) dan Misran (50), yang juga sedang mengarit. Sehingga, diam-diam dilakukan pengejaran. Pelaku berhasil dihadang tak jauh dari lokasi kejadian. Mendengar ada maling ditangkap, massa berdatangan dan sempat menghakimi pelaku.

Beruntung, aparat Polsek Panarukan segera datang dan mengamankan pelaku. Dari tangan pelaku, polisi menyita sepeda motor curian dan sebuah kunci T. Dari sinilah, Unit Resmob melakukan pengembangan hingga berhasil mengamankan tiga orang yang biasa menjadi penadah hasil kejahatan pelaku.

Proses penangkapan tiga penadah itu dilakukan Kamis (22/8) malam hingga Jumat (23/8) dini hari tadi. Ketiganya ditangkap di rumahnya masing-masing, di Desa Wilidono, Kecamatan Prajekan.

"Di antara sepeda motor yang disita itu identik dengan beberapa laporan polisi yang kita terima. Makanya masih terus kita kembangkan, karena sangat mungkin masih ada TKP lain di wilayah Situbondo," tandas Masykur.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com