detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 21:31 WIB

Pebalap Terengganu Cycling Team Malaysia Jawarai Etape 4 Tour d'Indonesia

Ardian Fanani - detikNews
Pebalap Terengganu Cycling Team Malaysia Jawarai Etape 4 Tour dIndonesia Aksi Eyob Metkel di tanjakan (Foto: Istimewa)
Banyuwangi - Pembalap Eritrea, salah satu negara di Afrika, Metkel Eyob merajai etape ke empat Jember-Banyuwangi dalam kejuaraan balap sepeda Tour de Indonesia 2019. Pebalap dari Terengganu Cycling Team Malaysia tersebut, berhasil finis terdepan, pada balapan dengan jarak 151 Km dengan catatan waktu 4 jam 16 menit 33 detik.

Eyob menjadi nomer satu finish di Paltuding, Ijen, dalam etape terberat di gelaran Tour de Indonesia 2019, Kamis (22/8/2019).

Eyob menjadi jawara setelah menang adu sprint dengan pebalap asal Perancis Thomas Lebas dari Kinan Cycling Team Jepang. Keduanya berjuang keras pada 200 meter sebelum finish.

Sementara di posisi ketiga diraih pebalap Iran Amir Kolahdozhagh (Taiyun Miogee Cycling Team China) yang finish 50 detik setelah kedua pebalap terdepan.


Metkel mengatakan, kemenangan di etape keempat ini berkat strategi tim yang baik. Awal lomba dirinya sengaja bertahan di rombongan besar. Namun saat memasuki rute tanjakan di kawasan lereng Gunung Ijen dirinya sudah mulai melewati beberapa pebalap. Karena memang tanjakan adalah spesialisasinya.

"Strategi yang dijalankan oleh tim kami berjalan dengan baik, ini memang etape dengan tipe spesialisasi , saat memasuki tanjakan saya berusaha mendahului beberapa pebalap yang berada di depan saya, dan akhirnya bisa menang," ujarnya.

Eyob mengaku tanjakan di Gunung Ijen sangat ekstrem. Namun dirinya berhasil menaklukkan tanjakan sejauh hampir 10 kilometer itu.


"Tanjakannya menantang. Tapi saya bisa menguasai dan berusaha maksimal masuk ke finish jadi yang pertama," pungkasnya.

Sementara itu pada etepe keempat ini, Aiman Cahyadi pebalap PGN Road Cycling berhasil menjadi pebalap Indonesia terbaik. Aiman mampu finish di urutan ke 14, dengan catatan waktu 4 jam 22 menit 30 detik, atau terpaut 5 menit 57 detik dari Eyob Metkel yang menjadi juara etape neraka Tour de Indonesia 2019.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com