detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 12:49 WIB

Datangi Asrama Mahasiswa Papua, Rombongan Fadli Zon Ditolak Masuk

Hilda Meilisa - detikNews
Datangi Asrama Mahasiswa Papua, Rombongan Fadli Zon Ditolak Masuk Asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya - Rombongan DPR RI mendatangi asrama mahasiswa Papua (AMP) di Jalan Kalasan, Surabaya. Rombongan ini diikuti Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan beberapa anggota DPR yang berasal dari dapil Papua dan Papua Barat.

Pantauan detikcom, rombongan tiba di AMP pada pukul 11.32 WIB. Setelah sampai, beberapa anggota DPR RI dari dapil Papua pun langsung turun dari mobil dan mencoba masuk.

Spanduk bertulisan 'Siapa pun yang datang kami tolak' yang ditempelkan di pintu gerbang menyambut kedatangan para anggota DPR RI ini. Salah satu anggota DPR RI dari PDIP, Jimmy Demianu Ijie, mencoba mengintip agar bisa berkomunikasi dengan mahasiswa yang di dalam melalui balik gerbang. Selain itu, Jimmy tampak berkali-kali menelepon seseorang.

Namun Jimmy mengaku mahasiswa masih belum bisa menemui kedatangan para anggota DPR RI ini. Jimmy menambahkan pihaknya akan melakukan pendekatan lain secara adat.

"Kami tetap mengupayakan cara-cara pendekatan dengan adat untuk bertemu dengan mereka. Hari ini kami tidak ketemu mereka. Tidak (gagal bertemu), ini hanya kesempatan yang tertunda saja. Mungkin kami perlu kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan. Disiapkan secara adat istiadat, baru mereka mau," kata Jimmy di AMP, Jalan Kalasan, Surabaya, Rabu (21/8/2019).


Fadli Zon yang juga gagal masuk ke asrama mahasiswa PapuaFadli Zon gagal masuk ke asrama mahasiswa Papua (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)


Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan tujuannya ke sini untuk mendengarkan secara langsung apa yang sebenarnya terjadi. Fadli mengaku ingin mendengar penuturan langsung dari mahasiswa Papua.

"Kemarin di rapat paripurna teman-teman anggota DPR dari dapil Papua dan Papua Barat menyampaikan concern keprihatinan terhadap apa yang terjadi. Salah satunya dimulai dari tempat ini di Surabaya, Malang, dan kemudian ada insiden-insiden di Papua," ungkap Fadli.

"Saya kira sebagai respons DPR terhadap apa yang disampaikan itu, kami datang ke sini dengan maksud ingin mendengarkan langsung apa yang sebenarnya terjadi dan kita ingin bertemu juga dengan pemda Jawa Timur, Malang, Gubernur, dan pihak-pihak yang lain terkait untuk mengumpulkan informasi supaya kita mendengar langsung tidak hanya yang berseliweran di media atau yang di sosial media," imbuh Fadli.

Sementara itu, Fadli dan rombongan langsung menuju Gedung Negara Grahadi, Surabaya, untuk menemui Gubernur Khofifah dan membicarakan langkah apa yang sebaiknya dilakukan.

"Dari sini kita akan ketemu dengan Pemerintah Provinsi dan Kota Malang. Kita ingin mendengar apa yang sudah dilakukan sejauh mana komunikasinya dan kita masalah ini cepat ditangani," pungkasnya.



Wiranto Bahas Situasi Terkini Papua-Papua Barat dengan Kapolri:

[Gambas:Video 20detik]


(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com