detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 14:09 WIB

Asisten SDM Polri ke Banyuwangi Pantau Pendidikan Berbasis Boarding School

Ardian Fanani - detikNews
Asisten SDM Polri ke Banyuwangi Pantau Pendidikan Berbasis Boarding School Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Asisten Polri Bidang SDM, Irjen Pol Eko Indra Heri berkunjung ke SMA Taruna Bhayangkara di Banyuwangi. Ini menindaklanjuti MoU antara Polri dan Gubernur menyiapkan pendidikan berbasis boarding school di Jatim.

Kunjungan tersebut sekaligus pemantauan langsung perubahan sekolah mulai dari rencana pembangunan gedung dan materi yang diajarkan. Asisten Polri Bidang SDM, Irjen Pol Eko Indra Heri juga menyempatkan diri meninjau lokasi sekolah seluas 10 hektar tersebut. Juga digelar pertemuan dengan para siswa taruna di Ball New Surya, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Selasa (20/9/2019).

"Menindak lanjuti MOU antara Polri dan Gubernur Jatim, atas terselengaranya SMAN 2 Taruna ini maka kami meninjau apa yg telah di sepakati bersama," ujar Irjen Pol Eko Indra Heri kepada wartawan.

Menurutnya, keberadaan sekolah SMA Taruna Bhayangkara ini dapat semakin menyiapkan SDM generasi milenial yang nantinya menjadi penerus bangsa.

"Sebanyak 43 persen anggota Polri adalah milenial yang tidak lepas dari teknologi. Berbeda dengan pemimpin saat ini masih baby boomer yang belum terlalu update teknologi," kata Indra.


Untuk itu, lanjutnya, generasi saat ini harus disiapkan dari segi soft skill dan komunikasi kepemimpinan. "Pendidikan semimiliter akan menjadikan pemimpin hebat di masanya. Nanti kalau sudah kelas XI atau XII ada yang ingin melanjutkan taruna, taruni atau akpol bisa disiapkan," sambungnya.

Sementara Kabid Pembinaan PSMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim Etyprawesti, mengatakan, SMAN 2 Taruna Bhayangkara ini merupakan SMA Taruna ke 4 di Jatim. Di antaranya, SMAN Nala di Malang dan SMAN Angkasa di Madiun, SMAN Brawijaya di Kediri dan SMAN 2 Taruna Bhayangkara.

"SMAN Nala merupakan kerjasama antara Pemprov Jatim dengan TNI Angkatan Laut, SMAN Angkasa yang merupakan kerjasama antara Pemprov Jatim dengan TNI Angkatan Udara, SMAN Brawijaya kerjasama dengan TNI AD. Adanya sekolah sekolah taruna ini diharapkan bisa menyiapkan SDM unggul dari Jatim yang akan masuk menjadi anggota TNI maupun polisi," tambahnya.

Untuk SMAN 2 Taruna Bhayangkara, kata Etyprawesti, Pemprov Jatim menyediakan anggaran pembangunan fisik sekolah senilai Rp 13,6 miliar. Itu untuk melengkapi beberapa ruang kelas aula dan alat kelengkapan sekolah tersebut.

"Kami mohon dalam pelaksanaan pendidikan semimiliter nanti tidak ada kekerasan fisik. Semua saling menghormati dan mengasihi. Serta dalam mendidik anak anak agar tidak terlalu keras dikarenakan anak SMA N Bayangkara masih tergolong anak-anak," pungkasnya.




Tonton video Ramai-ramai Wujudkan Perubahan Pendidikan:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com