detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 11:16 WIB

Pendakian Gunung Arjuno Tetap Dibuka Meski Rawan Kebakaran

Muhajir Arifin - detikNews
Pendakian Gunung Arjuno Tetap Dibuka Meski Rawan Kebakaran Kebakaran Gunung Arjuno (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Kawasan Gunung Arjuno-Welirang rawan kebakaran hutan saat kemarau panjang. Meski begitu, jalur pendakian tetap dibuka.

"Kebakaran di Blok Sawahan, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, sejak Minggu sudah padam. Kebakaran terjadi di luar jalur pendakian. Jadi pendakian tetap kami buka untuk umum. Tapi pendaki diminta berhati-hati," kata Kepala RPH III Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Agus Budi Utomo, Selasa (20/8/2019).

Menurut Agus, kebakaran di Blok Sawahan berada di ketinggian 1.500-1.700 mdpl. Titik kebakaran merupakan sabana yang ditumbuhi alang-alang dan semak serta terdapat beberapa pohon akasia dan cemara.


Lokasi kebakaran lebih mudah dijangkau, sehingga bisa dipadamkan dengan cepat. Pemadaman dilakukan petugas Tahura dan warga sekitar.

Proses pemadaman dilakukan dengan cara sederhana, yakni dengan cara gebyok atau memukul-mukul api dengan ranting kering.


"Penyebab kebakarannya belum diketahui," pungkas Agus.

Pada awal Agustus, kebakaran hutan juga terjadi di kawasan Arjuno wilayah Batu. Kemudian di kawasan Welirang perbatasan Prigen-Trawas.



Puluhan Hektare Lahan di Gunung Sumbing Terbakar, Relawan Bergerak:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com