detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 18:18 WIB

Kekeringan di Magetan Bikin 115 Hektar Lahan Pertanian Gagal Panen

Sugeng Harianto - detikNews
Kekeringan di Magetan Bikin 115 Hektar Lahan Pertanian Gagal Panen Air bersih didropping ke desa di Magetan yang kekeringan (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan - Kekeringan di Magetan mulai berdampak terhadap lahan pertanian. Ada 115 hektare lahan pertanian di Desa Trosono Kecamatan, Parang yang dipastikan gagal panen seiring kurangnya pengairan.

"Untuk lahan pertanian yang mati gagal panen sekitar 115 hektar di desa kami. Itu karena musim kemarau ini," terang Kepala Desa Trosono, Sumono saat dihubungi detikcom, Senin (19/8/2019).

Dari 115 hektar lahan pertanian yang mati dan mengalami gagal panen, kata Sumono, karena musim kemarau yang datang lebih awal. Musim kenarau yang biasanya pada bulan April atau Mei namun tahun 2019 ini lebih awal tidak ada hujan mulai bulan Maret.


"Musim kemaraunya tahun ini maju lebih awal itu yang menyebabkan mati tanaman, biasanya tanah masih mengandung air hingga Mei dan bisa bertahan tanaman," ujarnya.

Sumono mengungkapkan, selain berdampak matinya tanaman, kekeringan juga berpengaruh terhadap kebutuhan air bersih. Tercatat ada 624 jiwa dari 208 KK harus mendapatkan suplai air bersih dari BPBD. Dalam setiap hari air bersih yang disuplai oleh BPBD mencapai 6 ribu liter secara bergiliran.

"Untuk air bersih setiap hari ada tiga armada total enam ribu liter didistribusikan oleh BPBD Magetan. Untuk jiwa terdampak ada 624 jiwa dari 208 KK," tandasnya.


Sementara itu data BPBD kabupaten Magetan mencatat kebutuhan air bersih dari terdampak kekeringan ada di dua desa. Selain Desa Trosono, kebutuhan air bersih juga urgent di Desa Sayutan kecamatan Parang. Dari dua desa itu terdapat sekitar 1.700 jiwa dari 700 KK terdampak kekeringan.

"Ada dua Desa yang terdampak kekeringan di kecamatan Parang, yakni Desa Trosono dan Desa Sayutan. Dari dua desa itu terdapat 1700 jiwa terdampak kekeringan," kata Kasi Kedaruratan dan logistik BPBD kabupaten Magetan Fery Yoga Sahputra.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com