Bendera Merah Putih Sepanjang 20 Meter Ditemukan Tertimbun Tanah

Bendera Merah Putih Sepanjang 20 Meter Ditemukan Tertimbun Tanah

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 19 Agu 2019 17:37 WIB
Ditemukan kain merah putih/Foto: Ainur Rofiq
Ditemukan kain merah putih/Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Sebuah kain berwarna merah putih menyerupai bendera ditemukan salah satu warga saat menggali tanah untuk pondasi rumah. Kain bendera merah putih ini terbungkus kain putih dan di kedalaman tanah sekitar 25 cm.

Adalah Multazam (45) warga Desa Ngraseh, Kecamatan Dander, Bojonegoro, yang menemukan bendera sepanjang sekitar 20 meter. Pemilik lahan ini mengakui temuannya itu dianggapnya biasa dan wajar. Namun lantaran banyak warga yang tahu, akhirnya banyak warga yang datang ke rumahnya.

"Saat itu bendera merah putih posisi tergulung di bungkusan kain warna putih pada galian tanah sedalam 25 cm. Setelah ditemukan ya kita biarkan saja, tapi kok warga banyak yang dengar akhirnya ramai," ujarnya kepada detikcom di rumahnya, Senin (19/8/2019).

Kain warna merah dan putih tertimbun di tanah/Kain warna merah dan putih tertimbun di tanah/ Foto: Ainur Rofiq

Karena khawatir terjadi sesuatu, salah satu tetangga bernama Musta'in, mengamankan bendera merah putih tersebut di rumahnya. Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke petugas Bhabinkamtibmas Polres Bojonegoro dan anggota koramil setempat.


Petugas pun memastikan adanya bendera tersebut dengan mendatangi langsung lahan yang digali. Polisi pun melakukan penyelidikan.

"Sempat kemarin itu ada anggota kita yang ke lokasi untuk memastikan kabar ditemukan bendera. Tapi setelah dicek masih baik kondisinya. Kain itu juga dicuci oleh warga dan kini masih diamankan oleh masyarakat. Cuma di dalam tanah sekitar 25 cm ditemukannya," ucap Kapolsek Dander AKP Mashadi saat dikonfirmasi detikcom.


Bendera merah putih tertimbun tanah/Bendera merah putih tertimbun tanah/ Foto: Ainur Rofiq

Hingga kini kabar penemuan kain merah putih di dalam tanah masih dilakukan penyelidikan. Pihaknya berharap masyarakat tidak mengaitkan temuan tersebut dengan hal mistis. Polisi juga masih mencari kabar di warga hingga saat ini untuk mengetahui kejadian sebenarnya. (fat/fat)