detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 16:40 WIB

Kondisi Warga Papua di Surabaya Pasca Penyerbuan Asrama Baik dan Aman

Hilda Meilisa - detikNews
Kondisi Warga Papua di Surabaya Pasca Penyerbuan Asrama Baik dan Aman Ketua IKBPS Pieter F Rumaseb (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Ketua Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) Pieter F Rumaseb menegaskan jika kondisi masyarakat hingga mahasiswa Papua di Surabaya baik. Pieter menyebut ada 1.000 warga Papua yang bermukim di Surabaya.

"Untuk saat ini saya sampaikan bahwa perlu diketahui, baik masyarakat maupun mahasiswa Papua di Surabaya sekitar 1.000 untuk mahasiswa ada 27 korwil dari Surabaya Timur hingga barat," kata Pieter ditemui di Polda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (19/8/2019).


Terkait kondisi mahasiswa yang mendiami Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya, Pieter juga menyebut kondisinya baik dan aman. Pieter mengatakan sejauh ini tak ada diskriminasi hingga pengusiran dari aparat atau Pemkot Surabaya.

"Sampai saat ini kami aman-aman saja dan tidak ada diskriminiasi maupun pengusiran dari Pemkot Surabaya, karena kami juga warga Kota Surabaya bersama-sama," imbuhnya.


Sedangkan terkait kalimat-kalimat berisi ejekan yang dilontarkan sejumlah pihak pada mahasiswa Papua hingga menyinggung masyarakat Papua, Pieter meminta polisi untuk mengusut tuntas hal ini.

"Terkait adanya ucapan atau mungkin mengganggu kenyamanan masyarakat kami disana, kami serahkan pada petugas kepolisan untuk menindak hal itu," pungkas Pieter.


Panglima TNI: Situasi Masih Bisa Dikendalikan
(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com