detikNews
Senin 19 Agustus 2019, 11:14 WIB

Dua Jemaah Haji Asal Lamongan Meninggal Dunia di Tanah Suci

Eko Sudjarwo - detikNews
Dua Jemaah Haji Asal Lamongan Meninggal Dunia di Tanah Suci Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Dua jemaah haji asal Lamongan meninggal dunia selama menjalankan ibadah haji di tanah suci. Terakhir, seorang jemaah haji meninggal saat beraktivitas di hotel setempat.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Lamongan, M Khoirul Anam membenarkan ada 1 lagi jemaah haji asal Lamongan meninggal dunia, yakni bernama Mandrim Kholis (75) asal Desa/Kecamatan Maduran.

"Jemaah haji yang meninggal tersebut berasal dari kloter 82. Almarhum meninggal dunia ketika sedang beraktivitas di satu hotel di Makkah, Arab Saudi," kata Khoirul Anam kepada wartawan saat dikonfirmasi, Senin (19/8/2019).

Dia menjelaskan jemaah haji yang meninggal ini baru saja keluar dari kamar mandi. Saat itu, almarhum terlihat lemas dan oleh jemaah lainnya dibawa ke tempat tidur dan langsung ditangani petugas kloter namun kemudian meninggal dunia.

"Almarhum akan disemayamkan di Pemakaman Seraya, Mekkah, Arab Saudi. Dan kami masih terus memantau perkembangan jamaah haji di sana," terangnya.


Sementara Kakmenag Lamongan Sholeh menambahkan hingga kini tercatat dua jemaah haji asal Lamongan meninggal dunia. Sebelumnya, seorang jemaah haji asal Desa Kemantren, Paciran meninggal di pesawat saat dalam perjalanan ke tanah suci.

"Sesuai jadwal semua proses ibadah haji tinggal melaksanakan ibadah sunnah dan juga berziarah di Mekkah Arab Saudi. Awal bulan depan, jemaah haji asal Lamongan menuju ke Madinah," jelas Sholeh.

Sholeh berharap agar jemaah haji bisa menjaga kesehatan. Sebab, saat ini di Arab Saudi sedang musim kemarau.

Sesuai jadwal, para jemaah haji asal Lamongan kembali ke tanah air pada pertengahan September. Kloter 79 dijadwalkan kembali ke tanah air 13 September, kloter 80, 81 dan 83 pada 14 September.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com