detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 19:33 WIB

Menghadap Laut, Cara Dukung Lautan dengan Peduli Lingkungan

Titania Dewanti - detikNews
Menghadap Laut, Cara Dukung Lautan dengan Peduli Lingkungan Para sukarelawan membersihkan sampah di Pantai Sagara (Foto: Titania Dewanti)
Surabaya - Peringati Hari Kemerdekaan ke-74 RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan lewat World Wide Fund and Nature (WWF) menggelar 'Menghadap Laut'. Kegiatan ini digelar bersama Pandu Laut dan Yayasan Econusa beserta komunitas lokal.

'Menghadap Laut' sendiri merupakan sebuah gerakan komunitas terbesar dengan tujuan untuk mendukung laut Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan serentak di 70 titik laut seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan ini juga diadakan di Surabaya, tepatnya di Pantai Sagara dekat dengan Jembatan Suramadu. Kegiatan diadakan dengan melihat kenyataan bahwa kondisi laut di Indonesia sudah terancam dengan sampah.


Agenda kegiatan adalah memantau dan menghitung sampah plastik lautan dan bersih-bersih pantai dengan tujuan mengedukasi terkait ekosistem pesisir dan keanekaragaman hayati.

"Tujuan kita untuk mengampanyekan tentang bagaimana masyarakat harus lebih peduli dengan lingkungan apalagi sampah. Fokus kita tidak pada membersihkan pantai tetapi kepada menyadarkan masyarakat tentang kondisi Indonesia yang sudah terancam" kata Fikar selaku Koordinator bagian Wilayah Surabaya kepada detikcom, Minggu (18/8/2019).


Tak hanya itu, selepas bersih-bersih pantai seluruh komunitas lokal yang hadir menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu 'Bagimu Negeri' dengan mengibarkan bendera Merah Putih di bibir pantai.

Harapan diadakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat sendiri tersadar akan bahayanya tidak menjaga kebersihan atau membuang sampah sembarangan. Secara tidak langsung, jika kita tidak dapat menjaga, maka dapat kembali berimbas ke diri kita sendiri.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com