detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 10:31 WIB

43 Mahasiswa Papua Diperiksa Dugaan Pembuangan Bendera, Bagaimana Hasilnya?

Hilda Meilisa - detikNews
43 Mahasiswa Papua Diperiksa Dugaan Pembuangan Bendera, Bagaimana Hasilnya? Salah satu mahasiswa Papua turun dari truk yang membawanya ke asrama (Foto: Istimewa)
Surabaya - Polisi telah memeriksa 43 mahasiswa Papua terkait dugaan pembuangan bendera merah putih. Pemeriksaan ini dilakukan di Mapolrestabes Surabaya. Seperti apa hasilnya?

Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan para mahasiswa mengaku tidak mengetahui hal ini.

"Dari hasil pemeriksaan mengakunya tidak mengetahui," kata Sandi saat dihubungi di Surabaya, Minggu (18/8/2019).

Tak hanya itu, Sandi menyebut masih belum ada keterangan dan barang bukti yang bisa dijadikan untuk menjerat seseorang menjadi tersangka.


Untuk itu, Sandi memutuskan untuk memulangkan 40 mahasiswa laki-laki dan 3 perempuan di ke Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya

"Terus kejadian setelah kita periksa di kantor, saat ini sedang dievaluasi sama penyidik dan hasil pemeriksaannya belum cukup bukti untuk dijadikan tersangka. Sehingga tadi malam kita pulangkan ke asrama dalam keadaan aman terkendali," imbuhnya.

Sedangkan jika dibutuhkan data dan pemeriksaan tambahan, tidak menutup kemungkinan para mahasiswa akan dipanggil lag.

"Nanti tergantung dari alat bukti dan saksi lainnya. Kalau memang masih dibutuhkan kita akan menghadirkan teman-teman dari mahasiswa papua untuk kita periksa lebih lanjut," pungkasnya.


Sebelumnya, kasus ini berawal dari beredarnya foto bendera merah putih dengan kondisi masuk di selokan. Sementara terlihat pula tiang bendera yang rusak di beberapa bagian.

Menanggapi beredarnya foto ini, sejumlah ormas pun menggereduk asrama mahasiswa Papua. Polisi melakukan pengamanan dan pemeriksaan untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya.
(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com