detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 21:07 WIB

Tokoh Lintas Agama Dan Korps Veteran Lepas 250 Ekor Tukik Peringati HUT RI

Ardian Fanani - detikNews
Tokoh Lintas Agama Dan Korps Veteran Lepas 250 Ekor Tukik Peringati HUT RI Tokoh agama dan korps veteran di Banyuwangi melepas tukik (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 digelar oleh tokoh agama dan korps veteran di Banyuwangi. Selain upacara, mereka juga menggelar pelepasan 250 anak penyu (Tukik) sebagai simbol keabadian untuk kemerdekaan bangsa. Kegiatan ini juga merupakan pelestarian hewan yang dilindungi tersebut.

Acara digelar di Pantai Ketapang Indah Banyuwangi. Mereka adalah eks pejuang dan Warakawuri yang tergabung dalam korps Legiun Veteran Banyuwangi. Tak lupa, mereka juga menggunakan atribut ala pejuang 1945. Tokoh masyarakat 6 agama juga turut serta dalam kegiatan tersebut.

Mereka berjajar di pinggir pantai sambil membawa tempat kecil berisikan seekor tukik yang akan dilepasliarkan di Selat Bali. Sebelumnya, tokoh agama berdoa untuk kesejahteraan dan perdamaian rakyat Indonesia menginjak pada HUT ke-74 ini.

"Semoga tetap hidup panjang. Karena penyu memiliki umur yang panjang. Kita berharap penyu bisa berjuang hidup dan berumur ribuan tahun. Demikian juga kemerdekaan Indonesia ini," ujar Usman, salah satu veteran kepada detikcom, Sabtu (17/8/2019).


Pembina Banyuwangi Sea Turle Foundation (BSTF) Wiyanto Haditanojo mengatakan, selain melakukan konservasi, ajang ini merupakan peringatan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini.

"Selain berpartisipasi dalam program konservasi penyelamatan tukik atau anak penyu laut , aktivitas yang dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun ke 74 Kemerdekaan Republik merupakan lambang kebebasan bagi hewan laut yang terancam kepunahan ini untuk kembali ke habitatnya", jelasnya.

"Kami mengucapkan terima kasih untuk Hotel Ketapang Indah yang telah memfasilitasi kegiatan ini," pungkasnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh staf dan karyawan hotel Ketapang Indah. Tak hanya itu, hotel berbintang tiga ini juga mengajak tamu hotel melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan memakai atribut ala pejuang kemerdekaan tahun 1945.


"Kami ingin mengenang dan lebih menghayati perjuangan para pejuang dan pahlawan bangsa ketika merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dengan memakai pakaian dan atribut ala pejuang kemerdekaan saat melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di halaman depan hotel pada tanggal 17 Agustus 2019 ini," jelas Pungky Kusuma, resort manager Hotel Ketapang Indah.

Rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi ini diakhiri dengan ramah tamah antar seluruh undangan dan penyerahan tali asih dari karyawan hotel kepada anggota Korps Legiun Veteran Banyuwangi.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com