detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 19:51 WIB

Risma Sedang di Jakarta, Ada Agenda Apa?

Amir Baihaqi - detikNews
Risma Sedang di Jakarta, Ada Agenda Apa? Wali Kota Risma (Foto: dok. detikcom)
Surabaya - Agenda pembukaan Great Expo, yang sedianya dibuka oleh Wali Kota Tri Rismaharini, mendadak diundur menjadi besok. Risma saat ini dikabarkan sedang berada di Jakarta. Lalu ada agenda apa wali kota pertama Surabaya itu ke Ibu Kota?

"Iya benar, Ibu hari ini di Jakarta. Ibu lagi ada pemaparan penilaian untuk penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser kepada detikcom, Rabu (14/8/2019).

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari pemerintah kepada kepala daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.


"Ibu melaksanakan wawancara sebagai rangkaian penilaian Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD)," terang Fikser.

Dalam wawancara pemaparannya, Risma menyampaikan upaya Pemerintah Kota Surabaya dalam pengendalian pengurangan sampah kantong plastik. Salah satunya pemakaian daun pisang dan pepaya yang digunakan untuk membungkus daging kurban.

"Iya, salah satunya itu," jelas Fikser.


Bukan kali ini saja Surabaya masuk nominasi penghargaan Nirwasita Tantra. Pada periode 2017-2018, Kota pahlawan berhasil meraih penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup itu.

"Periode sebelumnya kita pernah meraihnya. Mudah-mudahan tahun ini kembali meraih lagi berturut-turut," tandas Fikser.

Selain Wali Kota Risma, sejumlah kepala daerah yang hadir juga dalam pemaparan itu antara lain Wali Kota Padang, Balikpapan, Tangerang, Cimahi, Ambon, Jambi, Padang Panjang, Sungai Penuh, Payakumbuh, dan Bukittinggi. Ada juga Wali Kota Pasuruan, yang mewakili Jatim bersama Kota Surabaya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed