detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 17:52 WIB

Gara-gara Bakar Sampah, Dua Ruang Kelas SD di Mojokerto Dilalap Api

Enggran Eko Budianto - detikNews
Gara-gara Bakar Sampah, Dua Ruang Kelas SD di Mojokerto Dilalap Api Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Kebakaran melanda 2 ruang kelas SDN Purwojati 1, Kecamatan Ngoro, Mojokerto. Meski tidak ada korban jiwa, kebakaran mengakibatkan kerusakan parah pada atap kedua ruang kelas.

Kebakaran mengakibatkan geteng-geteng di ruang kelas 1 dan 2 berjatuhan. Karena kerangka atap yang menopangnya hangus dilalap api.

Sehingga dari luar nampak atap kedua ruang kelas ini berlubang. Selain itu, plafon kedua ruang kelas juga ambrol di beberapa bagian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Muhammad Zaini mengatakan, api membakar atap ruang kelas 1 dan 2 SDN Purwojati 1 sekitar pukul 12.00 WIB. Api berasal dari pembakaran sampah di belakang ruang kelas.

"Keterangan warga, api dari pembakaran sampah di belakang gedung sekolah. Kemudian menyambar gedung sekolah," kata Zaini kepada wartawan, Rabu (14/8/2019).


Sebanyak 3 mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi. Petugas pemadam butuh waktu sekitar satu jam untuk memadamkan api.

Beruntung saat kebakaran terjadi, dua ruang kelas dalam keadaan kosong karena para siswa telah pulang. Sehingga tidak ada korban dalam insiden ini.

"Alhamdulillah tidak ada korban," ungkap Zaini.

Kapolsek Ngoro Kompol Gatot Wiyono membenarkan kebakaran dipicu ulah warga yang membakar sampah di belakang SDN Purwojati 1. Kini pihaknya masih menyelidiki pelaku pembakaran sampah tersebut.

"Orang yang membakar sampah masih kami selidiki," terangnya.

Gatot juga memastikan tidak ada korban dalam kebakaran ini. "Siswa sudah pada pulang sehingga tidak sampai ada korban jiwa," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed