detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 16:57 WIB

6 Jam Operasi, Kembar Siam Asal Kendari Berhasil Dipisahkan

Hilda Meilisa - detikNews
6 Jam Operasi, Kembar Siam Asal Kendari Berhasil Dipisahkan Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom
Surabaya - Bayi kembar siam dempet dada dan perut asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Azila dan Aqila akhirnya bisa dipisahkan. Sebelumnya, tim dokter memprediksi operasi ini berjalan hingga 12 jam, namun ternyata lebih cepat.

Ketua Tim Kembar Siam dr Agus Harianto mengatakan, dari operasi yang dimulai sejak pukul 06.15 WIB ini, kedua bayi bisa dipisah sekitar pukul 11.55 WIB.

"Alhamdulillah operasi yang kami prediksi 12 jam bisa lebih pendek karena dapat ridho dari Allah SWT. Kami lebih hati-hati dan pengalaman tim kami. Jadi dari lamanya operasi menjadi lebih cepat. Jam 12.00 WIB persis bayi sudah terpisah dan selamat keduanya. Kurang-lebih 6 jam," kata dr Agus di RSU dr Soetomo, Surabaya, Rabu (14/8/2019).

Sementara itu, dr Agus menyebut kondisi keduanya sehat dan sangat baik. Saat ini sedang dilakukan proses penutupan bagian tubuh setelah dilakukan pemisahan.


"Kondisi terakhir kedua bayi sehat dan saat ini rekonstruksi dada dan kulit, sehingga tampak lebih cantik," imbuhnya.

Ketua Tim Dokter Kembar Siam, dr Agus Harianto/Ketua Tim Dokter Kembar Siam, dr Agus Harianto (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)

Saat ditanya kesulitannya, dr Agus memaparkan salah satu penutup bagian tubuh milik bayi tersebut memang berbeda. Untuk itu, pihaknya melakukan rekayasa medis, dan menghindari adanya tambalan.

"Kesulitannya memang satu, menutup dinding dada dan menutup kulit dan satunya lagi dibikin rekayasa. Mereka ditutup dengan kulitnya sendiri tanpa tambal-tambal dari yang lain. Yang paling utama primer dari kulitnya sendiri," papar dr Agus.

Ia memaparkan kedua bayi memiliki organ yang lengkap. Hanya, Azila tidak memiliki selaput jantung. Namun hal ini bisa diatasi.


"Luas luka lebih lebar yang Aqila. Setiap individu kembar siam, meskipun dempet, tapi berbeda. Kelihatan dari luar sama, tetapi organ di dalam berbeda. Jadi, kalau sudah terpisah, Aqila dan Azila berbeda perawatannya," pungkasnya.
(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed