detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 15:43 WIB

1.749 Personel Gabungan Amankan Duel Arema Vs Persebaya

Muhammad Aminudin - detikNews
1.749 Personel Gabungan Amankan Duel Arema Vs Persebaya Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang - Sebanyak 1.749 personel keamanan diterjunkan untuk mengamankan derby Jawa Timur, yang mempertemukan Arema Fc vs Persebaya. Laga itu dihelat di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Kamis (15/8/2019) sore.

Ribuan personel yang diturunkan, yang merupakan gabungan dari beragam unsur, mulai Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, perwakilan Aremania, hingga sekuriti internal panitia pertandingan.

Jumlah personel pengamanan ini lebih besar dibandingkan dengan pada laga-laga sebelumnya, bahkan ketika Arema Fc menjamu Persib Bandung, Selasa (30/7/2019). Dalam laga tersebut, personel yang diturunkan sebanyak 1.300 orang.

Rapat koordinasi merancang pengamanan derby klasik Liga 1 2019 itu digelar di Mapolres Malang. Sebelumnya, Polri mengeluarkan izin pertandingan di laga penuh gengsi itu.

Kabag Ops Polres Malang Kompol Sunardi Riyono menuturkan pengamanan mengarah pada standard operating procedure (SOP) untuk laga big match, yang bakal menyedot animo besar penonton itu.

"Segala sesuatu yang berpotensi adanya kerawanan kita lakukan antisipasi. Pemetaan pengamanan dengan menyebar personel di titik yang ditugaskan. Tentunya pengamanan pertandingan nanti mengacu pada SOP," terang Sunardi kepada wartawan, Rabu (14/8/2019).

Pihaknya berharap pertandingan berjalan lancar dan aman. Tidak ada aksi sweeping yang justru akan membawa kerugian bagi masyarakat.

Selain itu, suporter tuan rumah turut diminta berpartisipasi menjaga keamanan selama berada di dalam maupun luar stadion. "Mohon tidak ada sweeping, dan kami yakin. Rekan-rekan Aremania memahami dan tidak melakukan itu," tegasnya.

Sunardi menambahkan langkah memberikan kenyamanan dan garansi keamanan bagi tim tamu menjadi prioritas. Nantinya empat kendaraan rantis disiapkan untuk membawa tim tamu menuju atau meninggalkan Stadion Kanjuruhan.

Tetapi, kata Sunardi, langkah pengamanan maksimal tersebut berjalan melihat kondisi di lapangan. "Selain kendaraan rantis, kami menyiapkan bus bagi tim tamu. Semua berjalan dengan melihat kondisi di lapangan," terang mantan Kasat Reskrim Polres Malang ini.



Tonton video saat Ricuh Suporter di Laga PSS Sleman Vs Arema FC:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed