detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 14:53 WIB

Pelaku UMKM Banyuwangi Bagikan Ratusan Produknya Secara Gratis

Ardian Fanani - detikNews
Pelaku UMKM Banyuwangi Bagikan Ratusan Produknya Secara Gratis Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Perkumpulan Perempuan Wira Usaha (Perwira) Kabupaten Banyuwangi, membagikan sekitar 500 produknya secara gratis ke masyarakat. Pembagian produk UMKM ini bertujuan untuk mengenalkan hasil makanan olahan yang diproduksi para wirausahawan wanita Banyuwangi.

Kegiatan ini dipusatkan di depan Kantor Pemkab Banyuwangi, Rabu (14/8/2019). Mereka berjajar memberikan olahan makanan produknya. Kegiatan ini juga untuk memperingati hari UMKM ke 4, yang jatuh pada tanggal 12 Agustus.

Ketua Perwira Banyuwangi Siti Istikomah mengatakan, pembagian produk UMKM ini bertujuan untuk mengenalkan hasil makanan olahan yang diproduksi para wirausahawan wanita Banyuwangi. Sehingga masyarakat khususnya di Banyuwangi tertarik untuk berwirausaha dan tidak tergantung dengan lowongan pekerjaan di sektor formal. Karena kata Istikomah, di Banyuwangi sendiri cukup besar peluang untuk merintis UMKM.

Hingga tahun 2019 ini saja, masih ratusan produk UMKM yang merupakan makanan khas Banyuwangi belum tergarap maksimal. Hal itu disebabkan masyarakat terutama generasi muda masih tidak tertarik dengan dunia usaha.

"Kita ngomong yang belum tergarap itu sangat banyak, karena potensi bahan baku produk sangat banyak di Banyuwangi. justru kami hadir di sini untuk lebih menggeliatkan lagi UMKM," kata Siti Istikomah kepada wartawan.


Siti Istikomah menambahkan, sebagian besar perekonomian Indonesia ini ditopang dari kegiatan wirausaha. Karena sektor kewirausaan terbukti mampu mensejahterakan taraf hidup masyarakat. Terlebih lagi, saat ini Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah yang maju, sehingga peluang berwirausaha di sektor UMKM cukup besar.

"UMKM ini luar biasa kita mungkin sama- sama tahu bahwa di Indonesia produk domistik bruto itu diatas 65 persen, bahkan penyerapan tenaga kerja itu diatas 95 persen. Luar biasa UMKM," tambahnya.

Dirinya berharap, bersama Perwira, kedepanya produk UMKM Banyuwangi terus bertambah. Sehingga bisa mampu bersaing dengan produk UMKM dari daerah lainya di Indonesia.

"Ini doa kami bagi masyarakat Banyuwangi yang daerahnya mulai maju dengan kegiatan pariwisatanya. Mari kita bangun UMKM Banyuwangi," pungkasnya.



Simak video Menkominfo Dukung E-commerce Majukan Ekonomi Digital dengan Rangkul UMKM:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed