Pengetahuan Hukum Sebelum Nikah Jauhkan Penyimpangan Seks Berujung Pidana

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 31 Jul 2019 16:29 WIB
Salah satu kasus suami jual istri yang diungkap (Foto: Deny Prastyo Utomo/File)
Salah satu kasus suami jual istri yang diungkap (Foto: Deny Prastyo Utomo/File)
Surabaya - Fenomena prilaku seks menyimpang yang berujung pidana terjadi di Kota Surabaya. Pentingnya pengetahuan pemahaman hukum sebelum menikah menjadi penting.

Dari data Unit PPA Polrestabes Surabaya, sejak tahun 2017 tercatat sebanyak 17 kasus seks menyimpang pasangan suami telah ditangani. Tahun 2017 ada empat kasus, 2018 tujuh kasus, dan 2019 enam kasus.

Kanit PPA Polrestabes Surabaya AKP Ruth Yeni mengatakan untuk meminimalisir agar tidak terjermus dalam persoalan hukum, pihaknya menyarankan pentingnya pengetahun hukum sebelum menikah.


"Pertama pemahaman hukum, tentang hak dan kewajiban masing-masing sebagai suami dan istri, itu harus dipahami secara hukum dan dilindungi undang-undang dan undang-undang pernikahan juga mengatur, itu yang harus dipahami," ungkap Ruth Yeni saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (31/7/2019).

Ruth menyarankan jika ada hal-hal yang mengarah ke unsur pidana, baik itu istri maupun suami harus berani menolak. Sebab hal tersebut bisa menyelamatkan satu sama lain.

"Kalau memang jelas mengajak kepada hal yang pidana, meskipun itu suami atau istri harus berani menolak. Berani menolak, karena dia sudah punya pengetahuan, punya pemahaman. Bukan secara hati nurani tapi secara hukum itu dilarang," ujar Ruth Yeni.


Dari 17 kasus yang ditangani oleh unit PPA Polrestabes Surabaya ada dua faktor yang memicu, yakni suami jual istri untuk pemuas orientasi seks menyimpang dan sedangkan istri dipicu oleh faktor ekonomi.

"Dari 17 kasus, 16 tersangkanya suami dan 1 tersangka istri. Karena yang aktif melakukan kejahatan baik memposting atau ide itu datang dari suami dan hanya satu istri yang berinisiatif awal, mulai menentukan tempat, mencari pelanggan," tandas Ruth Yeni.



Simak Juga 'Terpaksa Menjadi Gay di Balik Jeruji Besi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Mau Nikah, Pasangan Kekasih Ini Malah Buka Jasa Threesome"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/iwd)