detikNews
Rabu 24 Juli 2019, 10:05 WIB

Gempa di Jembrana Bali Juga Dirasakan Warga Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Gempa di Jembrana Bali Juga Dirasakan Warga Banyuwangi Foto: Tangkapan Layar
Banyuwangi - Banyuwangi merasakan getaran gempa yang terjadi di Jembrana, Bali. Gempa yang tercatat magnitudo 4.9 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 4,6 itu dirasakan di wilayah Selatan dan Kota Banyuwangi.

Salah satu warga, Brian Nuach mengaku merasakan getaran gempa saat berada di rumahnya. Getaran gempa ini dirasakan lebih kecil dibandingkan dengan gempa dua minggu lalu.

"Emang terasa banget. Tapi tidak seperti yang kemarin. Tapi tetap saja membuat panik," ujarnya kepada detikcom, Rabu (24/7/2019).


Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan pada BPBD Banyuwangi, Eka Muharram membenarkan adanya laporan getaran gempa tersebut. Getaran gempa dirasakan di beberapa kecamatan.

"Laporan yang kami terima di sekitar kecamatan Kalibaru, Glenmor, Banyuwangi kota, Glagah dan Kecamatan Giri. Sementara wilayah selatan juga dilaporkan juga," tambahnya.

Eka menambahkan, hingga saat ini masih belum ada laporan kerusakan ataupun korban jiwa akibat gempa. Selain itu, guncangan gempa juga tidak sampai menimbulkan kepanikan karena getaran yang dirasakan terbilang kecil.


"Skalanya kecil. Tapi meski begitu kami tetap melakukan pemantauan," pungkasnya.

Gempa terjadi Rabu (24/7) pukul 08.29 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 8,98 Lintang Selatan, 114,17 Bujur Timur. Pusat gempa ada di 84 km barat daya Jembrana Bali. Hiposenter gempa ada di kedalaman 71 km.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan juga terasa di daerah Kuta, Denpasar, Banyuwangi dan Jember. Selain itu Gianyar, Tabanan, dan Lombok Utara juga merasakan getaran gempa.


Simak Video "Geger Potensi Gempa Megathrust M 8,8 dan Tsunami Dahsyat"

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com