detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 20:35 WIB

Peternakan di Mojokerto Terbakar, 4 Ribu Ayam Mati Terpanggang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Peternakan di Mojokerto Terbakar, 4 Ribu Ayam Mati Terpanggang Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Hanya dalam hitungan jam, kebakaran terjadi di dua lokasi berbeda di Kabupaten Mojokerto. Di lokasi pertama, api yang melalap sebuah peternakan mengakibatkan 4 ribu ayam mati terbakar. Sementara kebakaran di tempat lainnya menghanguskan sebuah bengkel jok sepeda motor.

Peternakan ayam yang terbakar milik Mulyanto (40) di Dusun Rejeni, Desa Wonodadi, Kecamatan Kutorejo. Korban juga menjabat Kepala Dusun Rejeni.

Api yang membakar kandang ayam milik korban pertama kali diketahui oleh Sembung (46) sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu dia sedang menjaga kandang berukuran 8 x 70 meter persegi tersebut.

"Apinya kemungkinan besar dari korsleting listrik, awalnya kecil. Karena kandang dari bambu sehingga cepat membesar apinya," kata Sembung kepada wartawan di lokasi kebakaran, Selasa (23/7/2019).


Tidak hanya menghanguskan kandang, api juga menewaskan 4 ribu ayam di dalamnya. Sedikitnya 3 mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

"Ayam yang terbakar jumlahnya empat ribu ekor baru umur tujuh hari. Kerugian ya sekitar Rp 150 juta," terang Sembung.

Butuh waktu sekitar satu jam bagi petugas PMK untuk menjinakkan api. Beruntung api tak sampai menjalar ke dua kandang ayam yang lokasinya berdekatan. Dipastikan tak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Sementara kebakaran di Jalan Raya Desa Modongan, Kecamatan Sooko melanda sebuah bengkel jok sepeda motor. Bangunan semi permanen berukuran 3 x 4 meter persegi tepat di depan SMPN 2 Sooko itu rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah.


Api diketahui warga sudah membesar sekitar pukul 19.30 WIB. Meski bangunan dan isi bengkel ludes terbakar, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

"Kondisi bengkelnya tutup, tidak tahu asal apinya dari mana. Tahu-tahu sudah gede apinya," kata Suparlan (54), warga Desa Modongan di lokasi.

Proses pemadaman kebakaran ini menjadi tontonan warga sekitar dan para pengguna jalan. 2 mobil PMK saat ini berada di lokasi untuk melakukan pembasahan agar api tak kembali muncul. Kepadatan arus lalu lintas terjadi di jalur alternatif Mojokerto-Jombang ini.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com