detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 14:39 WIB

Sejak Viral, Kue yang Dijual Anak Sambil Gendong Adik Laris Manis

Amir Baihaqi - detikNews
Sejak Viral, Kue yang Dijual Anak Sambil Gendong Adik Laris Manis Seorang pembeli saat membeli kue yang dijual Sandra dan adiknya/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Seorang remaja penjual kue di Surabaya viral di media sosial. Setelah dikenal banyak orang, kini dagangannya lebih cepat habis sehingga ia bisa pulang lebih awal.

Sejumlah kendaraan tiba-tiba menepi depan supermarket di Jalan Rungkut Menanggal, Surabaya. Bukan masuk ke supermarket, para pengendara justru menghampiri seorang remaja perempuan yang berjualan kue. Kepada remaja itu, para pengendara menanyakan nama Sandra.

"Adik, Sandra ya yang di video YouTube dan IG itu?" tanya salah seorang pengendara, Selasa (23/7/2019).

Usai berbincang sebentar, pengendara itu kemudian membeli sejumlah kue yang dibungkus tas plastik dan kembali melanjutkan perjalanannya.

Ya, anak perempuan itu bernama Sandra Yuni Kartika (15) yang viral di berbagai platform media sosial. Sandra mulai dikenal karena seorang YouTuber bernama Ade Septian merekam dan mengunggah video Sandra di channel Youtube dan Instagramnya.


Lewat media sosial, Ade mempromosikan dan mengimbau warga net untuk membeli kue jualan Sandra. Alhasil, banyak warga yang menghampiri sepeda butut sekaligus lapak Sandra yang berada di pinggir jalan.

Salah satu pembeli, Fikri Arif mengaku hatinya tergerak untuk membeli kue setelah melihat video. Kebetulan, Fikri juga memang sering lewat di jalan tersebut.

"Ya saya tahu. Kalau saya tahunya dari Instagram. Saya kebetulan sering lewat sini. Saya kemudian tergerak mampir dan beli," kata Fikri kepada detikcom.

"Ini saya beli waffle sama kue kering. Harga satu kue Rp 3 ribu ini saya beli 2 buah jadi Rp 6 ribu," imbuh Fikri.

Kepada detikcom, Sandra mengaku berjualan kue sejak kelas 5 SD. Selama berjualan, ia selalu membawa adiknya yang bernama Sekar Maya Sari yang masih berusia 5 tahun.


"Saya sekolah di SMP PGRI 61. Mulai jualan habis sekolah pukul 16.00 sampai 20.00 WIB. Kalau jualan sudah habis saya bisa pulang lebih cepat," beber Sandra.

Sandra mengakui sejak dirinya viral di media sosial, dagangannya selalu habis dan bisa pulang lebih awal. Sesampai di rumah, biasanya dimanfaatkan bermain dengan adik-adiknya atau membantu ibunya.

"Saya ngekos Rungkut Tengah itu sebelah supermarket. Ditinggali 6 orang ketiga adik saya, ibu dan bapak saya," terangnya.

Ia bersyukur karena sejak viral, penghasilannya juga ikut meningkat. Jika sebelumnya sehari berjualan ia mampu menghasilkan Rp 70 ribu, saat ini ia bisa mengantongi Rp 200 ribu.

"Iya selalu ada yang tanya nama saya terus beli kue. Dulu sekali jualan dapatnya Rp 70 ribu, Rp 90 ribu. Sekarang Rp 100 sampai Rp 200 ribu," pungkas Sandra.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com