detikNews
Senin 22 Juli 2019, 20:45 WIB

22 Calhaj Embarkasi Surabaya Ditunda Keberangkatannya, Kenapa?

Hilda Meilisa - detikNews
22 Calhaj Embarkasi Surabaya Ditunda Keberangkatannya, Kenapa? Calhaj di AHES (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Surabaya - Sebanyak 22 Calon Jemaah Haji (Calhaj) dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) terpaksa harus ditunda keberangkatannya. Penundaan ini karena kondisi kesehatan calhaj yang tak memungkinkan untuk berangkat.

Kepala Bidang Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, dr Muhammad Budi Hidayat mengungkapkan dari 22 Calhaj yang ditunda keberangkatannya, 18 Calhaj sudah diberangkatkan. Sisanya tinggal 4 yang belum berangkat.

"Ada 22 yang kita tunda, ada 18 yang berangkat tinggal 4. Sebagian besar sakit," kata dr Budi di AHES Sukolilo Surabaya, Senin (22/7/2019).


Sementara itu, dr Budi menceritakan empat calhaj tersebut mengidap anemia, stroke, hingga demam berdarah. Sedangkan kemarin, ada satu calhaj dari Kabupaten Nganjuk yang ditunda keberangkatannya karena mengidap TBC.

dr Budi menyebut calhaj tersebut tergabung di kloter 41. Sebelumnya, calhaj laki-laki berusia 86 tahun ini mengaku demam disertai batuk. Setelah dilakukan pemeriksaan, jamaah laki-laki berusia 86 tahun itu dinyatakan positif mengidap tuberkulosis (TBC).

"Ditemukan jemaah dari kloter 41 asal Kabupaten Nganjuk, laki-laki usia 86 tahun. Setelah kami periksa, yang bersangkutan positif penyakit TBC. Untuk itu, kami tunda keberangkatannya sampai diobati dulu," imbuh Budi.


Sementara untuk calhaj tersebut, Budi mengaku pihaknya telah memulangkan ke daerah asalnya untuk menjalani pengobatan. Hal ini akan dipantau selama 2 minggu hingga respons obat terhadap tubuhnya membaik atau positif.

"Pengobatan TBC 6 bulan, tapi kita tunggu dua minggu sampai ada respons positif dari tubuhnya. Kalau responsnya baik pengobatan bisa dilanjutkan dan dia bisa diberangkatkan di kloter terakhir," pungkasnya.

Hingga kini, calhaj yang telah berangkat dari AHES ada 21.464. Kesemuanya dari kloter 1 hingga kloter 46. Sementara untuk total jemaah yang akan berangkat dari AHES mencapai 38.147 orang dari Jatim dan Bali.



Simak Juga 'Melatih Diri Sebelum ke Tanah Suci':

[Gambas:Video 20detik]


(hil/iwd)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com