detikNews
Senin 22 Juli 2019, 20:33 WIB

Rawan Dicurangi, Kejari Madiun Pelototi Penggunaan Anggaran Desa

Sugeng Harianto - detikNews
Rawan Dicurangi, Kejari Madiun Pelototi Penggunaan Anggaran Desa Tasyakuran Kejari Madiun Raya/Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Kejaksaan Negeri Madiun Raya blusukan hingga ke tingkat kelurahan dan desa. Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengawasan terhadap Alokasi Dana Desa (ADD) yang rawan terjadi kecurangan.

"Kita memang dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik. Di samping itu juga di sisi lain proses pembangunan nasional di daerah-daerah dapat berjalan dengan lancar. Yang pada muaranya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Termasuk kita awasi dengan blusukan sampai kelurahan dan desa," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kota Madiun, Handoko Setiyawan kepada wartawan usai tasyakuran peringatan Adhyaksa ke-59 di Gedung Perhutani Kota Madiun, Senin (22/7/2019).

Menurut Handoko, pendampingan ADD dilakukan semua Kejari di Madiun Raya. Seperti di Kota dan Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo dan Pacitan.


Melalui program Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), pengelolaan ADD masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) Kejaksaan Negeri di wilayah Madiun Raya. Menurutnya masih ditemukan kesalahan pengelolaan keuangan di desa.

"Dalam rangka mendukung pelaksanaan proses pembangunan dan pemerintahan di daerah, di mana pada periode ini pembangunan infrastruktur menjadi penekanan untuk oleh kejaksaan melalui lembaga yang ada. Sehingga pelaksanaan pembangunan di daerah dapat berjalan dengan lancar," terangnya.

"Kendala-kendala yang ada di lapangan bersama-sama dapat dibicarakan dan dikoordinasikan sinergitas antara kejaksaan dengan pemerintah daerah dan juga dukungan dari masyarakat," imbuhnya.


Puncak peringatan HUT ke-59 Adhyaksa sengaja dilaksanakan serentak untuk wilayah di Madiun Raya. Yakni dengan menggelar upacara dan tasyakuran.

Acara tasyakuran ditandai dengan potong tumpeng. Tumpeng tersebut dipotong bersama-sama oleh enam Kepala Kejari di Madiun Raya.

Acara tersebut dihadiri sekitar 650 pegawai yang datang bersama keluarga. Selain potong tumpeng, acara tersebut juga berlangsung meriah dengan adanya doorprize. Sebelumnya, Kejari masing-masing wilayah di Madiun Raya juga melakukan bakti sosial dan donor darah.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com