detikNews
Senin 22 Juli 2019, 20:23 WIB

Domba Warga di Probolinggo Ditemukan Mati Misterius

M Rofiq - detikNews
Domba Warga di Probolinggo Ditemukan Mati Misterius Domba warga yang mati (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Sejumlah domba milik warga di Desa Sumberrejo, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, ditemukan mati secara misterius. Kondisinya mengalami luka di bagian perut dan kaki.

Pemilik domba, Aisah mengatakan serangan domba sendiri diduga terjadi pada Sabtu dini hari (22/7/2019). Saat kejadian muncul suara gaduh dari dalam kandang, dan saat dicek nampak sesosok binatang di tengah-tengah domba.

"Karena curiga, saya dan warga langsung mendekati. Namun binatang itu langsung kabur, saat kami cek 2 domba sudah dalam kondisi mati seperti usai digigit," ujar Aisah, Senin (22/7/2019).


Menurut Aisah, teror binatang buas juga terjadi Senin dini hari. Akibat serangan itu, total ada sekitar 3 domba mati dan 2 lainnya terluka.

"Kalau warga memperkirakan, binatang buas itu adalah anjing liar, yang kelaparan lalu keluar hutan dan mencari makan ke permukiman warga," jelas Aisah.

Sementara guna menghindari terjadinya penularan penyakit akibat teror binatang buas, serta menambah daya tahan tubuh bagi domba yang masih hidup, petugas Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo menyuntikkan obat B-12 ke sejumlah domba.


Dikatakan Petugas UPT Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo, Nur Rahmad, penyuntikan guna mencegah penularan penyakit bagi domba yang selamat.

"Kita suntikkan B-12 ke domba yang masih hidup, semoga tidak menimbulkan penyakit menular ke domba lainnya," ujar Rahmad.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed