detikNews
Senin 22 Juli 2019, 19:55 WIB

8 Hektar Hutan di Bukit Bentar Probolinggo Terbakar

M Rofiq - detikNews
8 Hektar Hutan di Bukit Bentar Probolinggo Terbakar Bukit Bentar yang terbakar (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Kobaran api melalap bukit Bentar yang berlokasi di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Besarnya kobaran api secara cepat melalap perbukitan yang ditumbuhi pohon Jati dan Kesambi.

Areal yang terbakar sekitar 8 hektar dari total 80 hektar luas bukit bentar. Sulitnya medan, membuat petugas dari anggota Kodim 0820 dan polisi hutan kesulitan memadamkan api yang terus merambat di antara dedaunan dan semak-semak kering.

Tiupan angin yang kencang semakin membuat petugas kewalahan. Yang dilakukan petugas hanyalah bisa mengisolir api agar tidak terus merambat dengan cara melakukan pemadaman dengan tenaga manual.


Seperti dengan memukul-mukul api menggunakan dahan, serta daun yang basah atau biasa disebut gepyok. Anggota Kodim 0820, Serda Gimun mengatakan pihaknya menduga penyebab kebakaran akibat ulah orang tak bertanggung jawab yang sengaja membakar guna keperluan hewan buruan.

Selain itu musim kemarau yang tengah terjadi, diduga bisa juga menjadi pemicu kebakaran hutan, akibat dedaunan kering yang terkena panas berlebih, hingga menimbulkan bara api.

"Sebenarnya kami telah sering melakukan patroli, hanya saja karena keterbatasan pasukan membuat patroli tidak berjalan maksimal," ujar Gimun kepada wartawan, Senin (22/7/2019).


Sementara pelaksana Harian RPH (resort pemangku hutan) Klenang, Muhamad Ahsan mengatakan ada dua titik kebakaran yang terjadi di Bukit bentar seluas 8 hektar. Dari hasil penyelidikan, titik api berasal bukit sebelah selatan. Kemudian merambat ke sisi barat sesuai arah angin.

"Untuk kerugian kami belum menghitungnya. Sementara kami siaga dulu, mengantisipasi sewaktu-waktu api muncul kembali," kata Klenang.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed