detikNews
Senin 22 Juli 2019, 17:17 WIB

Pelajar yang Digerebek di Kost Drive Thru Diserahkan ke Sekolahnya

Erliana Riady - detikNews
Pelajar yang Digerebek di Kost Drive Thru Diserahkan ke Sekolahnya Kost Drive Thru dipolice line/Foto: Erliana Riady
Blitar - Penggerebekan lima pelajar SMK di kost drive thru, seakan menampar dunia pendidikan. Untuk penanganannya, kantor Cabang Dinas Pendidikan Blitar menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan sekolah masing-masing.

Sebelumnya, lima pelajar masih duduk di bangku SMK di Blitar digerebek di kost drive thru. Mereka terdiri tiga siswi dan dua siswa. Mereka diamankan bersama pasangannya masing-masing saat berbuat mesum di kost drive thru.

"Kami belum menerima laporan dari sekolah yang bersangkutan. Malah tahunya baca media. Tapi untuk penanganannya, kami serahkan dulu ke kebijakan sekolahnya masing-masing," kata Koordinator Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Blitar, Karno, saat dikonfirmasi detikcom, Senin (22/7/2019).


Karno menambahkan, jika kepala sekolah sudah tidak mampu menyelesaikan kasus seperti ini, baru diserahkan ke pihak cabang dinas pendidikan.

Menurut Karno, semua pihak diharapkan berperan dalam pendidikan karakter. Utamanya pihak orang tua dan keluarga yang secara kuantitas lebih banyak bersama keluarga di rumahnya.

"Kalau itu kejadian di sekolah, ya sekolah harus memberi punishment. Tapi kalau kejadian di luar sekolah, ya orang tua dipanggil. Kalau sekolah sudah tidak mampu mendidik, ya diserahkan kembali ke orang tuanya," jelas Karno.


Menurut Karno, biasanya kasus yang melibatkan pelajar di luar zona sekolah, pihak sekolah tidak diberitahu. Sehingga, penyelesaian kasus langsung melibatkan orang tua. Memang seperti itulah kemarin penanganan polisi terhadap lima pelajar yang digerebek di rumah kost drive thru itu.

"Kami panggil semua orang tuanya. Kami minta membuat surat pernyataan tidak akan mengulang. Tapi untuk satu pelajar yang pacaran sama orang dewasa, kami pelajari lagi apakah ada unsur pencabulan terhadap anak di bawah umur," kata Kasatreskrim Polres Blitar, AKP Sodik Effendi.

Hingga kini kepala sekolah pelajar SMK tersebut, belum ada yang bisa dikonfirmasi.




Simak Juga 'Geger Kost 'Drive Thru' di Blitar Jadi Spot Mesum Pelajar':

[Gambas:Video 20detik]



Pelajar yang Digerebek di Kost Drive Thru Diserahkan ke Sekolahnya

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com