detikNews
Senin 22 Juli 2019, 17:03 WIB

2 Pengedar Sabu di Surabaya Ditangkap dan Terancam Hukuman Mati

Deny Prastyo Utomo - detikNews
2 Pengedar Sabu di Surabaya Ditangkap dan Terancam Hukuman Mati Dua pengedar sabu yang dirilis polisi beserta barang bukti/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Dua pengedar sabu di Surabaya. Dengan barang bukti 130 gram sabu, kedua pelaku terancam dihukum mati sebagai hukuman maksimal.

Kedua pengedar yang tertangkap yakni Koko Aprilyanto Budiwan (41) dan Sahri (38). Keduanya warga Surabaya. Dari tangan mereka polisi mengamankan 130 gram sabu.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto mengatakan, penangkapan kedua pengedar itu merupakan hasil pengembangan kasus sebelumnya. April lalu, pihak kepolisian mengamankan tersangka berinisial KK.


"Ini adalah pengembangan dari unit Reskrim Polsek Pabean Cantikan pada bulan April lalu. Kami amankan tersangka berinisial (KK) dengan barang bukti 108 gram sabu," kata Antonius Agus Rahmanto kepada wartawan, Senin (22/7/2019).

Antonius menjelaskan, mereka mengedarkan sabu dari jaringan yang berada di Desa Sokobenah, Sampang, Madura dengan sistem ranjau. "Pada 13 Juli kemarin, ada 130 gram sabu-sabu dari beberapa jenis paket. Ada yang paling besar ini lha ini juga ada sistem pengendali dari salah satu Lapas di Jatim," terangnya.

Setelah mengamankan Koko di Jalan Jarak, Sawahaan, pihak kepolisian kemudian mengamankan Sahri. Ia biasa mengedarkan sabu dengan paket hemat.


"Dari pengakuan tersangka barang-barang tersebut juga didapat dari Desa Sokobenah, Sampang, Madura. Dari pengakuan keduanya sudah menjalankan bisnis tersebut 6 kali selama 6 bulan terakhir, dengan sistem ranjau," lanjutnya.

Sementara tersangka Koko menyampaikan, dirinya mengambil untung Rp 25 ribu dari setiap gram sabu yang ia edarkan. Kedua pelaku terancam Pasal 114 ayat 2 dan 112 ayat 2 UU RI nomor 35 tahun 2009. Dengan ancaman maksimal hukuman mati.

"Setiap gramnya saya ambil untung Rp 25 ribu dan kadang saya pakai sendiri," kata Koko.



Simak Juga 'Nunung Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com