detikNews
Senin 22 Juli 2019, 13:00 WIB

Fenomena Kost Drive Thru di Blitar Sasar Kalangan Pelajar

Erliana Riady - detikNews
Fenomena Kost Drive Thru di Blitar Sasar Kalangan Pelajar Penggerebekan kost drive thru/Foto: Erliana Riady
Blitar - Polisi menggerebek rumah kost di Kelurahan Bajang Kabupaten Blitar. Tiga pasang remaja diamankan saat sedang berbuat mesum. Lima di antaranya masih berstatus pelajar. Mereka menginap di rumah kost drive thru. Istilah bagi rumah kost yang disewakan per jam.

Kasus ini mengingatkan maraknya kost drive thru yang ditemukan petugas gabungan di beberapa rumah kost di Kota Blitar, tahun 2017 silam. Dengan tarif murah, tempat ini menyasar kaum pelajar untuk lebih leluasa melakukan pergaulan bebas.

"Mereka bukan penghuni kost di situ. Untuk apa menginap hanya beberapa jam, kalau tidak untuk berbuat begitu," kata Kasatreskrim Polres Blitar, AKP Sodik Effendi kepada detikcom saat dikonfirmasi, Senin (22/7/2019).


Polisi kemudian mengamankan ketiga pelajar putri. Masing-masing Y, V dan P semuanya masih di bawah umur. Dan dua pelajar di bawah umur masing-masing W dan I. Serta seorang pria dewasa berinisial D.

Saat penggerebekan kost drive thru/Saat penggerebekan kost drive thru/Foto file: Erliana Riady

"Keterangan yang kami dapat, rumah ini disewakan per jam sudah selama satu tahun ini. Kebanyakan yang sewa pelajar, sesuai dengan kantong tarifnya," tandasnya.

Yang menarik, dari tiga pasangan ini, lima anak merupakan pelajar yang bersekolah di wilayah Kota Blitar. Sedangkan satu orang dewasa, juga merupakan warga Kota Blitar. Sementara, sidak rutin dilakukan untuk menertibkan kost drive thru di wilayah Kota Blitar.


Kasatpol PP Kabupaten Blitar Suyanto menyatakan, pihaknya kerap menegakkan perda yang mengatur masalah itu.

"Ya itu kasusnya kan sudah ditangani polisi. Kalau kami ya sering menemukan di penginapan seperti itu. Ya kami tertibkan," pungkasnya menutup telpon tanpa menjelaskan lebih detail.


Simak Video "Geger Kost 'Drive Thru' di Blitar Jadi Spot Mesum Pelajar"

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed