detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 20:59 WIB

Isak Tangis Wiji Saat Terima Jari Palsu dari Gubernur Khofifah

Andhika Dwi - detikNews
Isak Tangis Wiji Saat Terima Jari Palsu dari Gubernur Khofifah Gubernur Khofifah saat memberikan jari palsu untuk Wiji/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Wiji Fitriani (28) menangis haru saat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa datang ke rumahnya. Itu karena sang gubernur memberikan dan memasangkan langsung jari palsu pada tangannya.

Wiji merupakan perempuan penderita gangguan jiwa yang memakan jari-jarinya sendiri beberapa waktu lalu. Berita soal Wiji sempat viral di media sosial. Seperti dalam unggahan akun Facebook Arif Witanto, tampak kedua tangan Wiji terbalut perban.

Wiji tinggal di Dusun Tambak, Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Sebelumnya juga diberitakan, jari-jari Wiji sudah habis akibat infeksi luka yang dideritanya.


Namun sore tadi, tangis bahagia pecah di rumah Wiji. Gubernur Khofifah memberikan dan memasangkan jari palsu ke tangan Wiji. Wiji tak kuasa membendung air mata. Sambil memeluk sang gubernur, ia mengucapkan terima kasih.

"Terimakasih Ibu Khofifah. Maafkan saya. Saya nakal" ucap Wiji terbata-bata, Minggu (21/7/2019).

Menurut Khofifah, kondisi Wiji sudah membaik. Mulai fisik dan mentalnya. Khofifah berterima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan positif dalam menangani kasus seperti Wiji dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) lainnya di Jawa Timur.


"Alhamdulillah, terima kasih atas segala dukungan dari masyarakat, pemerintah desa, Kabupaten Kediri, Puskesmas dan media," kata Khofifah.

Di tempat yang sama, Khofifah dan Bupati Kediri Haryanti Sutrisno juga memberikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Plus. Kali ini gubernur memberikan paket sembako pada kaum dhuafa setempat.

Gubernur Khofifah berpesan pada para penerima PKH Plus untuk menggunakan bantuan ini secara bijak. Dengan mengambil sesuai kebutuhan. "Boleh diambil semuanya. Tapi kalau saya mengajak ambil sesuai kebutuhan. Dalam setahun mendapatkan 2 juta 4 kali pencairan" Pungkas Khofifah.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com