detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 12:48 WIB

Lupa Matikan Kipas Angin, Sebuah Rumah di Madiun Terbakar

Sugeng Harianto - detikNews
Lupa Matikan Kipas Angin, Sebuah Rumah di Madiun Terbakar Bagian kamar yang terbakar/Foto: Istimewa
Madiun - Sebuah rumah di Madiun terbakar gara-gara sang pemilik lupa mematikan kipas angin sebelum pergi ke sawah. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Jadi sekitar pukul 09.00 WIB telah terjadi kebakaran sebuah rumah, yang ditinggal kosong dan kipas angin masih menyala. Diduga api dari kipas yang korslet," ujar Kapolsek Pilangkenceng AKP Sumantri saat dihubungi detikcom Minggu (21/7/2019).

Rumah tersebut milik Sainem, warga Desa Wonoayu, Kecamatan Pilangkenceng. Petani itu lupa mematikan kipas angin sebelum pergi ke sawah.


"Kebakaran rumah yang ditinggalkan pemiliknya ke sawah ini diduga asal-usul api dari kipas angin di kamar tidur yang masih dalam keadaan terpasang. Sehingga terjadi korsleting listrik," imbuhnya.

Sumantri menambahkan, percikan api dari kipas angin kemudian mengenai tempa tidur yang mudah terbakar. Warga yang mengetahui kobaran api tersebut langsung melakukan pemadaman.


"Kemudian timbul api menjadi besar. Beruntung ada warga yang mengetahui untuk dipadamkan secara manual," pungkasnya.

Akibat kebakaran tersebut, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Termasuk uang tunai Rp 800 ribu milik Sainem yang juga ikut terbakar.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com