detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 09:27 WIB

Melihat Serunya Penghuni Lapas Ponorogo Latihan Tari Jathil

Charolin Pebrianti - detikNews
Melihat Serunya Penghuni Lapas Ponorogo Latihan Tari Jathil 36 warga binaan wanita belajar menari Jathil/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Melestarikan budaya tetap bisa dilakukan meski tengah menjalani masa hukuman. Seperti yang dilakukan 36 wanita penghuni Lapas di Rutan Ponorogo.

Mereka dengan rutin melakukan latihan Tari Jathil. Setiap Senin hingga Rabu selama 2 jam mereka berlatih didampingi pelatih tari.

Tak tanggung-tanggung, petugas Lapas sengaja memboyong satu orang pelatih tari untuk mengajar para penghuni Lapas. Menariknya, pengajar tari ini juga merupakan mantan narapidana.


"Tujuannya untuk meningkatkan rasa cinta budaya kepada para penghuni Lapas. Sekaligus mengenalkan kesenian Reog kepada para penghuni Lapas dari luar Ponorogo," tutur Kepala Seksi Pelayanan Rutan Ponorogo Taufiqul Hidayatullah kepada detikcom, Minggu (21/7/2019).

Taufik menambahkan, kegiatan menari menjadi salah satu aktivitas menarik bagi para penghuni Lapas. Mereka bisa bebas berekspresi seirama dengan musik yang dimainkan.

"Iya ini kegiatan rutin, tapi kali ini khusus untuk persiapan lomba 17 Agustus nanti," terangnya.


Menurutnya, selain diajari menari tarian tradisional para penghuni Lapas juga diajari tarian dengan lagu-lagu nasional. Selain bisa meningkatkan rasa nasionalisme, kegiatan itu juga ampuh melepas kejenuhan saat menjalani masa hukuman.

"Iya ada lagu nasional juga," imbuhnya.

Salah satu penghuni Lapas WK mengaku senang bisa belajar tarian tradisional di dalam Lapas bersama dengan teman-teman lainnya.

"Iya senang, baru tahu caranya nari Jathil seperti apa. Justru baru sempat belajar nari di sini," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed