detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 17:27 WIB

Profesor yang Ceramahi Polantas Surabaya Tidak Ditilang

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Profesor yang Ceramahi Polantas Surabaya Tidak Ditilang Saat pria yang mengaku profesor ceramahi Polantas/Foto: Tangkapan Layar
Surabaya - Pria mengaku profesor yang ceramahi Polantas Surabaya yang videonya viral di media sosial tidak ditilang. Tapi hanya mendapatkan imbauan dari petugas.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pan Pandia membenarkan bahwa kejadian dalam video berlangsung di sebuah putaran balik simpang empat Jemur Andayani. Namun ia lupa persis waktunya.

"Itu kejadian pada bulan April, untuk hari dan tanggalnya kami tidak ingat," kata Pandia kepada detikcom, Sabtu (20/7/2019).


Dalam video, tampak pria yang mengaku profesor itu tidak terima saat Polantas bernama Muhtashor melarangnya putar balik. Ia tidak terima karena menurutnya plang lalu lintas di tempat tersebut bisa diartikan membolehkan kendaraan roda empat untuk putar balik.

"Beliau petugas tidak salah, dalam arti kata namanya petugas polisi kita memiliki diskresi. Kita berhak memberhentikan atau mengarahkan, mengalihkan arus. Karena petugas memiliki penilaian karena rawan terjadi kecelakaan atau yang mana harus didahulukan," imbuh Pandia.

Dalam video tersebut, sang pria yang mengaku profesor juga mengatakan jika dirinya tidak bersalah. Bahkan ia yakin bakal menang dalam persidangan jika dirinya ditilang.


Namun menurut Pandia, sang Polantas yang bertugas waktu itu tidak menilang pengendara itu. "Tidak kami tilang, hanya imbauan," terangnya.

Sebelumnya, video seorang yang mengaku profesor menceramahi Polisi Lalu Lintas (Polantas) viral di media sosial. Aksi 'profesor ceramahi Polantas' berlangsung sebelum Ramadhan atau sekitar April lalu di sebuah putaran balik simpang empat Jemur Andayani, Surabaya.

Video berdurasi 1,44 menit itu diunggah akun twitter Aira Afni Amalia. Hingga saat ini, video tersebut sudah saksikan 813 ribu netizen. Video yang diunggah Selasa (16/7) itu disukai lebih dari 19 ribu akun dan di-retweets lebih dari 13 ribu kali.



Simak Juga 'Viral Polantas Surabaya Diceramahi Profesor soal Rambu Lalin':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com