detikNews
Sabtu 20 Juli 2019, 10:33 WIB

Pacu Adrenalin dengan River Tubing Selo Malang di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Pacu Adrenalin dengan River Tubing Selo Malang di Mojokerto River Tubing Selo Malang di Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Para penyuka tantangan wajib untuk mencoba river tubing Selo Malang di Mojokerto. Selain menyuguhkan keindahan alam dan air sungai yang jernih, mengarungi derasnya arus sungai menggunakan ban karet dijamin seru.

Objek wisata river tubing ini terletak di Dusun Jabung, Desa Lebak Jabung, Kecamatan Jatorejo, Kabupaten Mojokerto. Jaraknya hanya sekitar 30 menit jika ditempuh dari Kota Mojokerto.

Dengan biaya Rp 25 ribu, wisatawan sudah bisa merasakan keseruan mengarungi derasnya arus Sungai Boro. Sungai yang mengalir di Pegunungan Anjasmoro ini mempunyai air yang jernih dan arus yang berkelok dan curam.

Untuk mencobanya, para wisatawan wajib mengikuti arahan tour guide. Selain itu, jangan lupa memakai rompi pelampung dan pelindung kepala supaya tetap aman saat mengarungi Sungai Boro yang banyak bebatuannya.


Setiap pengunjung akan diajak berselancar di Sungai Boro sejauh 2 Km. Sensasi mendebarkan akan terbalut dengan indahnya panorama di sekitar sungai. Ya, sungai ini diapit bukit dengan hutan lindung yang masih asri.

"Selain memacu adrenalin, kami juga diberi edukasi pentingnya menjaga lingkungan. Setelah berwisata kami diharuskan menanam sebuah pohon yang sudah disediakan pengelola," kata Johan Untung, pengunjung asal Surabaya kepada wartawan di lokasi, Sabtu (20/7/2019).

Pengelola river tubing Selo Malang juga menyediakan paket wisata yang murah meriah. Dengan paket seharga Rp 40 ribu per orang, wisatawan akan diantar menggunakan kendaraan ke titik awal river tubing. Ada juga paket lengkap plus makan nasi jagung seharga Rp 50 ribu per orang.

"Paket Rp 50 ribu wisatawan akan diberikan makan nasi jagung dengan lauk khas masyarakat Desa Jabung," terang pengelola river tubing Selo Malang, Ahmad Yani (49).


River tubing yang satu ini masih tergolong baru. Karena baru dibuka sekitar dua bulan yang lalu. Namun, tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Terlebih lagi pada akhir pekan.

"Pengunjung banyak datang dari Mojokerto sendiri, Surabaya dan sekitarnya," ungkap Yani.

Pengelolaan river tubing Selo Malang, tambah Yani, menjunjung tinggi motto Merawat Ibu Pertiwi. Oleh sebab itu selain dilarang membuang sampah di sembarang tempat, wisatawan juga diajak menanam pohon.

"Menanam pohon bukti kita turut menjaga lingkungan dan ke depan kita mampu merasakan manfaatnya," pungkasnya.


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com