detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 21:25 WIB

Selain Erupsi, Bromo Juga Diguyur Limpasan Hujan di Lautan Pasir

M Rofiq - detikNews
Selain Erupsi, Bromo Juga Diguyur Limpasan Hujan di Lautan Pasir Limpasan mengalir di Lautan Pasir Bromo/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Langit di sekitar Gunung Bromo tiba-tiba memuram setelah satu letupan abu vulkanik keluar dari kawah. Namun sebelum itu, kawasan tersebut diguyur hujan yang menyisakan air limpasan.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi menyampaikan, hujan sempat turun di selatan Kawah Bromo. Akibatnya muncul air limpasan yang membawa material vulkanik atau biasa disebut lahar dingin.

"Hujan deras di sisi selatan Gunung Bromo menyebabkan debit air lebih. Terjadi limpasan atau air hujan untuk mengarah ke sungai. Namun limpasan tidak berbahaya," kata Anggit, Jumat (19/7/2019).


Limpasan mengalir ke lautan pasir Bromo. Anggit menyampaikan, limpasan bak sungai dadakan di lautan pasir kerap terjadi jika turun hujan di sekitar Bromo.

Setelah hujan turun, Kawah Bromo menyemburkan abu vulkanik sekitar pukul 16.37 WIB. Paparan abu vulkanik Bromo melampaui radius 1 kilometer dari kawah. Bahkan sampai ke permukiman warga Suku Tengger di Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

"Saya imbau wisatawan dan masyarakat agar berada di jarak aman 1 kilometer dari bibir kawah aktif Gunung Bromo," imbuhnya.


Kabid Mitigasi Gunung Berapi PVMBG Bandung Hendra Gunawan menyampaikan, erupsi terekam di seismograp dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 7 menit 14 detik. Kini pihak PVMBG terus melakukan koordinasi dengan pengelola wisatawan Gunung Bromo. Agar wisatawan baik lokal maupun asing tidak memasuki radius 1 kilometer deri bibir kawah.

"Over scale hanya sekali letusan terekam di seismograp dengan amplitudo 37 milimeter, dengan durasi 7 menit 14 detik. Saat ini sudah berhenti. Namun wisatawan diimbau menjauh dari jarak aman radius 1 kilometer" ujar Hendra melalui pesan WhatsApp.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed