detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 17:14 WIB

Lalui Kisruh Pilkades, Cakades 02 Pager Ponorogo Akhirnya Dilantik

Charoline Pebrianti - detikNews
Lalui Kisruh Pilkades, Cakades 02 Pager Ponorogo Akhirnya Dilantik Bupati Ipong Muchlissoni (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Kisruh Pilkades di Desa Pager, Kecamatan Bungkal akibat hilangnya 2 surat suara resmi berakhir. Itu setelah Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni melantik Cakades 02, Setyarini sebagai Kades Pager.

Pihaknya menilai adanya dinamika yang terjadi antara kubu 01 dan kubu 02 saat Pilkades lalu, merupakan hal lumrah. Beruntung, saat ini sudah teratasi dengan baik.

"Saya rasa Bu Setyarini bisa menjadikan kejadian ini sebagai bahan instropeksi," tutur Ipong saat ditemui detikcom di Pendopo Ponorogo, Jalan Alun-Alun Utara Jumat (19/7/2019).

Ipong mengatakan dalam pemilihan itu tidak semua warga mau mendukung dan memilih Kades terpilih. Oleh karena itu, Ipong berpesan agar kadesterpikih bekerja dengan sebaik-baiknya untuk semua warga Desa Pager demi kesejahteraan bersama.


Ipong bersyukur saat ini kondisi di Desa Pager aman terkendali. Bahkan sebelum pelantikan, saat pascapengambilan keputusan beberapa waktu lalu, Desa Pager kondusif.

"Saya harap kubu 01 yang kalah menerima dengan lapang dada sebab ini merupakan proses yang harus kita jalani," paparnya.

Saat disinggung, apa langkah Pemkab jika kubu 01 menempuh jalur hukum. Ipong berharap hal itu tidak akan terjadi. Meski hal itu merupakan hak demokrasi dan hukum kubu 01.

"Karena menurut saya tidak ada gunanya," tandas dia.

Sedangkan terkait adanya Kades terpilih sebelum dilantik meninggal dunia, Ipong menegaskan akan membuat perubahan dalam Perbup untuk mewadahi permasalahan tersebut.


"Sebab Perbup sebelumnya itu tidak diatur kalau ada kades terpilih yang meninggal," ujarnya.

Sebelumnya, saat Pilkades serentak di Ponorogo ada 2 kades terpilih dari Desa Koripan, Kecamatan Bungkal dan Desa Bondrang, Kecamatan Sawoo yang meninggal sebelum dilantik. Dari kejadian ini, Ipong berharap kedua desa tersebut bisa segera melakukan Pilkades ulang.

"Harapannya tahun ini ada Pilkades ulang secepatnya," pungkas dia.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com