detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 14:31 WIB

Minibus Terguling di Jalur Wisata Kawah Ijen, Beberapa WNA Luka

Ardian Fanani - detikNews
Minibus Terguling di Jalur Wisata Kawah Ijen, Beberapa WNA Luka Seorang wisatawan mancanegara luka-luka/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Sebuah Isuzu Elf terguling di sebuah turunan jalur Wisata Kawah Ijen. Kecelakaan tunggal itu diduga terjadi karena pengemudi tidak menguasai medan.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 09.30 WIB di Desa Taman sari, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun beberapa wisatawan mancanegara mengalami luka-luka.

Peristiwa itu terjadi saat minibus Isuzu Elf dengan nopol N-7291-T turun dari TWA Kawah Ijen. Saat sampai di TKP (Jalan turunan dan menikung ke kanan), kendaraan tersebut oleng. Kemudian terguling ke kanan dan terseret 10 meter. Minibus itu mengangkut 10 WNA.


"Ini kecelakaan tunggal. Kendaraan ini turun menuju Desa Tamansari setelah berwisata ke Ijen," ujar Kanit Laka Lantas Satlantas Polres Banyuwangi Ipda Ardhi Bita Kumala kepada detikcom, Jumat (19/7/2019).

Kanit laka lantas menyampaikan, penumpang Elf mengalami luka-luka. Mereka dilarikan ke Puskesmas Licin dan dirujuk ke RSUD Blambangan untuk mendapatkan perawatan medis.

"Untuk korban atas nama Agus (40) warga Probolinggo mengalami luka di kepala dan tidak sadarkan diri. Selain itu ada bule Michael Maahs warga Belanda mengalami luka di kepala dan bahu kiri lecet dan Bon Fond warga Belgia mengalami nyeri pada pinggang karena terbentur," tambahnya.


Polisi kemudian memeriksa beberapa saksi mata untuk mendalami kasus kecelakaan itu. Menurut Ardhi, kecelakaan terjadi karena pengemudi tidak menguasai medan jalan menuju Kawah Ijen dan kurang hati-hati.

"Sopir tidak menguasai medan. Kita lakukan olah TKP dan sudah melakukan evakuasi korban ke Puskesmas dan RSUD Blambangan Banyuwangi," pungkasnya.

Simak Video "Tabrakan Frontal 3 Motor di Pasuruan, Kakek-Nenek dan Cucunya Tewas"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com