detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 11:00 WIB

Produksi Susu Sapi di Tulungagung Turun 30 Persen di Musim Kemarau

Adhar Muttaqin - detikNews
Produksi Susu Sapi di Tulungagung Turun 30 Persen di Musim Kemarau Peternak sedang memerah sapi/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Musim kemarau mulai berdampak para peternak sapi perah di Tulungagung. Produksi susu yang dihasilkan kini turun hingga 30 persen akibat minimnya ketersediaan pakan dedaunan.

Salah seorang peternak sapi perah di Sendang, Tulungagung Katiman mengatakan, saat ini satu ekor sapi miliknya hanya memproduksi 20 liter susu/hari. Padahal di luar musim kemarau bisa mencapai 30 liter/hari.

"Hijau-hijauan itu pengaruhnya sangat besar untuk produksi susu. Tapi untuk saat ini ketersediaan rumput itu sangat berkurang. Jadi ya seperti ini, jumlah produksi turun," kata Katiman, Jumat (19/7/2019).


Terkait kondisi itu para peternak tidak bisa berbuat banyak. Sebab apabila dipaksakan untuk membeli rumput, maka jumlah biaya produksi justru akan membengkak.

Mengingat saat ini harga rumput per ikat mencapai Rp 17.500. Dalam satu hari minimal dibutuhkan dua ikat rumput.

"Belum lagi untuk biaya konsentrat dan bekatul minimal setiap hari Rp 40 ribu," ujarnya.


Meski demikian, turunnya kuantitas produksi justru meningkatkan kualitas produk susu yang dihasilkan. Susu yang diproduksi pada musim kemarau rata-rata memiliki kadar air yang lebih rendah dibanding pada musim hujan.

"Karena ya itu tadi, rerumputan itu kadar airnya banyak, sehingga susu yang dihasilkan kandungan airnya juga banyak. Tapi kalau musim seperti ini secara kualitas justru lebih bagus," imbuhnya.

Katiman menambahkan, saat ini harga susu sapi di Tulungagung cukup stabil. Satu liter susu dijual ke koperasi pada kisaran Rp 5.500/liter.

"Kalau harga susu itu relatif stabil, biasanya akan mengikuti harga pakan," pungkasnya.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com