detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 10:27 WIB

Ponorogo Kekeringan, Pemkab Anggarkan Rp 40 Juta untuk Air Bersih

Charolin Pebrianti - detikNews
Ponorogo Kekeringan, Pemkab Anggarkan Rp 40 Juta untuk Air Bersih Warga sedang mengambil air bersih yang disalurkan BPBD Ponorogo/Foto file: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Sejumlah daerah di Ponorogo mulai mengalami kekeringan. Pemkab mengalokasikan dana Rp 40 juta untuk penyaluran air bersih kepada warga yang membutuhkan.

"Anggaran sekian masih minim sekali. Namun kita menyadari sebab masih ada dana on call yang tersedia dan bisa digunakan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," tutur Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiyono kepada detikcom di kantornya, Jalan Sekar Putih Timur, Kamis (18/7/2019).

Seperti data di BPBD Ponorogo, tahun 2018 Pemkab mengalokasikan dana Rp 35 juta untuk dropping air bersih. Kemudian tahun ini meningkat menjadi Rp 40 juta.


Tahun lalu BPBD melakukan pemetaan terhadap daerah yang mengalami kekeringan. Yakni ada di 26 dukuh, 22 desa di 10 Kecamatan.

"Jika nanti dibutuhkan dana lebih, maka kita bisa menerapkan status siaga bencana kekeringan," imbuhnya.

Menurutnya, dasar penggunaan dana dari status siaga bencana atas rekomendasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pun juga melihat kondisi kekeringan di Ponorogo yang semakin parah.


"Seperti di Desa Duri Kecamatan Slahung yang sudah mengalami kekeringan. Kebutuhan airnya luar biasa," terangnya.

BPBD sudah mengirim 35 tangki air dengan kapasitas 6 ribu liter air per tangki. Dari permintaan semula hanya butuh 2 tangki per minggu kini naik menjadi 3 tangki dan 2 kali pengiriman dalam seminggu.

"Padahal realisasi untuk Rp 40 juta itu sekitar 2 juta sekian liter dengan asumsi air per liternya Rp 1.700. Padahal untuk tangki kapasitas 6 ribu liter saya rasa masih kurang untuk pemenuhan anggaran air bersih untuk yang mengalami kekeringan di Ponorogo," pungkasnya.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com