detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 00:13 WIB

Sejumlah Pejabat Dikukuhkan Jadi Warga Kehormatan Suku Tengger

M Rofiq - detikNews
Sejumlah Pejabat Dikukuhkan Jadi Warga Kehormatan Suku Tengger Prosesi pengukuhan warga kehormatan Suku Tengger (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Sejumlah tokoh dan pejabat dikukuhkan sebagai warga kehormatan Suku Tengger. Pengukuhan itu digelar pada puncak Perayaan Yadnya Kasada 2019.

Sejumlah tokoh itu adalah Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Cahyono, Dandim 0820 Probolinggo Letkol (Inf) Imam Wibowo, Kapolres Probolinggo AKBP Edwwi Kurniyanto, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, dan Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Probolinggo Agus Ardian Agustriono.

Pengukuhan dalam resepsi perayaan Yadnya Kasada 2019 digelar di Pendopo Agung, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Dalam prosesi pengukuhan, para tokoh duduk berjajar di belakang Ketua Para Dukun Pandita, Sutomo. Mereka mendengar dengan khidmad Dukun Pandita Sutomo membacakan mantra pengukuhan.


Tokoh Warga Suku Tengger Supoyo mengatakan pengukuhan para tokoh bertujuan melestarikan budaya dan tradisi Suku Tengger. Mereka yang dikukuhkan diharapkan ikut serta berperan aktif dalam memajukan budaya Suku Tengger sesuai bidangnya masing-masing.

"Pengukuhan merupakan bentuk penghormatan warga Suku Tengger kepada pejabat baru. Harapannya para pejabat yang dikukuhkan, dapat memberikan kesejahteraan, bagi warga Suku Tengger,"terang Supoyo, Rabu (17/7/2019).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang sebelumnya direncanakan ikut dalam pengukuhan batal hadir dalam malam resepsi perayaan Umat Hindu Suku Tenger yang diselenggarakan setiap tahun hari ke empat belas bulan Kasada tersebut.


Kadiskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan proses pengukuhan para tokoh merupakan agenda tiap tahunan guna mengenalkan budaya masyarakat Suku Tengger. Harapannya para tokoh yang telah dikukuhkan bisa ikut melestarikan budaya asli bangsa Indonesia.

"Sama dengan tradisi tahun sebelumnya, setiap resepsi Yadnya Kasada ada pengukuhan tokoh. Mereka merupakan pejabat baru di lingkungan Kabupaten Probolinggo atau yang berkaitan dengan wilayah Suku Tengger," terang Yulius.


Simak Video "Ini Toleransi Umat Hindu dan Muslim di Suku Tengger saat Nyepi"

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com