detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 19:33 WIB

Dibobol di Hari Jadi, Koperasi Lamongan Ini Kehilangan Rp 13,7 Juta

Eko Sudjarwo - detikNews
Dibobol di Hari Jadi, Koperasi Lamongan Ini Kehilangan Rp 13,7 Juta Kaca nako yang dijebol dijadikan pintu masuk pelaku (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan - Salah satu koperasi di Lamongan diacak-acak kawanan pencuri. Puluhan juta rupiah pun raib digondol pencuri. Peristiwa ini terjadi di tengah meriahnya peringatan Hari Koperasi ke-72 di Lamongan hari ini.

Kantor koperasi yang diobok-obok kawanan pencuri tersebut adalah kantor Pusat Koperasi Republik Indonesia (PKPRI) Lamongan yang berada di Jalan Soewoko Lamongan. Kejadian ini pertama kali diketahui oleh pegawai PKPRI, Nawar Harianto (57) warga Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Lamongan saat membersihkan kantor.

"Saat membuka kantor PKPRI, saya kaget karena sejumlah kaca jendela ruang kasir lepas dan tergeletak begitu saja di atas meja," kata Nawar di hadapan penyidik Polres Lamongan, Rabu (17/7/2019).


Selain kaca jendela yang lepas, lanjut Nawar, sejumlah sudut ruang PKPRI acak-acakan tidak seperti biasanya. Setelah memastikan kondisi ruang yang tak lazim itu, Nawar kemudian melaporkan kejadian ini ke pengurus PKPRI dan berlanjut ke Polres Lamongan.

"Saya kemudian melapor ke pengurus dan polisi,"ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Lamongan AKP Wahyu Norman Hidayat membenarkan kejadian ini. Norman menyebut barang milik PKPRI berupa uang tunai sebesar Rp 13,7 juta yang disimpan di laci kasir dalam kardus hilang di curi orang.


"Masih dalam penyelidikan," kata Norman seraya menambahkan kalau polisi sudah menggelar olah TKP di lokasi kejadian.

Pelaku diperkirakan masuk dengan cara mencongkel daun jendela. Setelah berhasil masuk, pencuri kemudian merusak laci dan pelaku keluar dari kantor PKPRI dengan cara yang sama ketika pelaku masuk, yaitu daun jendela.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com