detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 19:30 WIB

Pasangan Mesum di Kota Mojokerto Dirazia, Petugas Diomeli Emak-emak

Enggran Eko Budianto - detikNews
Pasangan Mesum di Kota Mojokerto Dirazia, Petugas Diomeli Emak-emak Seorang emak-emak memarahi petugas saat terjaring razia pasangan mesum/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Sejumlah pasangan mesum terjaring razia petugas gabungan di Kota Mojokerto. Termasuk seorang emak-emak yang mengomeli petugas saat membawanya dari kamar kos.

Razia berlangsung di sebuah rumah kos Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Semula wanita paruh baya itu kooperatif saat diminta petugas Satpol PP untuk menunjukkan kartu identitas.

Namun ia mendadak emosi saat kamera wartawan menyorot dirinya. Sembari menyerahkan kartu identitas, wanita berambut panjang ini menolak untuk diambil gambar oleh awak media. Di dalam kamar itu dia bersama seorang anak kecil yang dia sebut sebagai anak kandungnya.

"Mau diperiksa silakan saja, jangan disorot-sorot seperti ini. Kesannya saya pelaku kriminal saja," teriaknya dari dalam kamar, Rabu (17/7/2019).

Tak hanya itu, wanita yang mengaku menikah siri dengan seorang buruh pabrik sandal ini sempat menolak diangkut Satpol PP. Dia berdalih sudah mengantongi surat kelakuan baik dari kepolisian. Bahkan saat di atas truk petugas, dia meminta petugas mengamankan 2 wanita lainnya yang berada di kos tersebut.

"Ayo biar adil semuanya harus dibawa," teriaknya.


Kendati sempat protes, wanita ini akhirnya tak mampu menolak saat digelandang ke truk Satpol PP. Dari tempat kos ini saja, petugas gabungan Satpol PP, Denpom V/2 Brawijaya, Polres Mojokerto Kota dan BNNK Mojokerto mengamankan 3 wanita. Razia dilanjutkan ke rumah kos di Jalan Tribuana Tunggadewi, Kelurahan/Kecamatan Prajurit Kulon.

Di tempat kos ini petugas meringkus 3 pasangan muda-mudi yang sedang asyik berduaan di dalam kamar. Mereka diangkut menggunakan truk ke kantor Satpol PP Kota Mojokerto di Jalan Bhayangkara. Sementara razia di rumah kos Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon tak membuahkan hasil.
Sepasang muda-mudi yang terjaring pasangan mesum/Sepasang muda-mudi yang terjaring pasangan mesum/ Foto: Enggran Eko Budianto
"Pasangan yang kami amankan statusnya semua ilegal, tak bisa menunjukkan surat nikah dan berada dalam satu kamar," kata Kepala Satpol PP Kota Mojokerto, Heriyana Dodik Murtono.

Di kantor Satpol PP, 6 wanita dan 3 pria yang terjaring razia diperiksa oleh petugas. Mereka juga menjalani tes darah yang dilakukan petugas BNNK Mojokerto.

"Karena indikasi peredaran narkoba meningkat. Bisa jadi mengarah ke pemeriksaan HIV juga karena di lokasi tadi banyak alat kontrasepsi, mereka juga kumpul kebo," terang Dodik.


Jika terbukti mengonsumsi narkoba, lanjut Dodik, mereka akan diserahkan ke Polresta Mojokerto untuk penyelidikan lanjutan. Sanksi tegas juga akan dijatuhkan terhadap pengelola rumah kos yang penghuninya terbukti memakai narkotika.

"Kalau penghuninya memakai narkoba, rumah kos kami segel. Karena melanggar Perda nomor 13 tahun 2015 tentang Izin Penyelenggaraan Rumah Kos," tegasnya.

Pada razia kali ini, petugas Satpol PP juga membongkar bangunan liar di atas sungai Jalan Benteng Pancasila, Jalan Mayjen Sungkono dan Jalan Raya Surodinawan. Di lokasi terakhir, petugas terpaksa menyita lapak seorang pedagang buah nanas yang nekat berjualan di trotoar dan bahu jalan.

"Bangunan liar melanggar Perda nomor 3 tahun 2003 karena mengganggu saluran air dan ketertiban masyarakat lainnya," tandas Dodik.

Penjual nanas yang terjaring razia Lilis mengaku sudah setahun membuka lapak di trotoar dan bahu Jalan Raya Surodinawan. Dia nekat melanggar aturan lantaran tak mampu menyewa lapak di tempat resmi. Bahkan dia sudah dua kali diangkut petugas.

"Biaya sewa di depan (lapak seberang jalan dari tempat dia berjualan) itu saja sebulan Rp 1,5 juta. Keuntungan saya jualan sehari cuma Rp 30-35 ribu, ga cukup kalau buat sewa," pungkasnya.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com