detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 14:49 WIB

Ini Alasan Kemenag Jatim untuk Calon Pengantin Wajib Tes Narkoba

Hilda Meilisa - detikNews
Ini Alasan Kemenag Jatim untuk Calon Pengantin Wajib Tes Narkoba Kerjasama Kemenag dan BNNP Jatim soal tes narkoba bagi clon pengantin (Foto: Suparno)
Surabaya - BNNP Jatim bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Jatim akan mewajibkan calon pengantin untuk tes narkoba mulai Agustus mendatang. Hal ini menjadi salah satu syarat yang harus dilampirkan saat mendaftar ke KUA.

Kepala BNNP Jatim Brigjen Bambang Priyambadha mengaku memiliki alasan khusus untuk menerapkan kebijakan ini. Salah satunya untuk melahirkan generasi Indonesia yang bersih tanpa narkoba.

"Latar belakangnya adalah seperti saat kita peringati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) kemarin, milenial sehat tanpa narkoba, kita menuju Indonesia emas," kata Bambang kepada detikcom di Surabaya, Rabu (17/7/2019).


"Untuk menuju Indonesia emas, kita harus melahirkan generasi yang unggul. Nah, generasi unggul itu harus dilahirkan dari orang-orang yang bebas narkoba," imbuhnya.

Tak hanya itu, langkah ini merupakan deteksi dini agar generasi yang lahir nanti benar-benar sehat.

"Maka kita perlu lakukan deteksi dini lebih awal dari para calon pengantin," lanjut Bambang.


Saat ditanya prosesnya, Bambang menyebut pihaknya telah melakukan MoU dengan Kanwil Kemenag Jatim. Rencananya, hal ini akan diberlakukan Agustus mendatang.

"Itu kalau dengan Kemenag kemarin awal Agustus diberlakukan. Kemarin saya undang lagi untuk saya sampaikan ke Kemenag supaya memberikan informasi dan langkah-langkah kepada seluruh jajaran di kabupaten kota," pungkasnya.

Simak Video "Tes Narkoba untuk Calon Pengantin, akan Seperti Apa Pelaksanaannya?"
[Gambas:Video 20detik]

(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com